IbM WORKSHOP PENGEMBANGAN PENILAIAN KEMAMPUAN MATEMATIS GURU MATEMATIKA MELALUI DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR)

Edi Hidayat, Dian Kurniawan, Eva Mulyani

Abstract


Kemampuan matematis merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional. Penilaian kemampuan matematis merupakan salah satu penilaian hasil belajar oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian kemampuan matematis seorang guru perlu dilakukan sebagai indikator profesionalisme guru matematika. Pengembangan rubrik kemampuan matematis mengacu kepada kemampuan koneksi matematis, penalaran matematis, pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis, dan representasi matematis. Penilaian Kemampuan matematis guru matematika melalui Didactical Design Research (DDR) merupakan program kegiatan IbM IbM ini dilakukan dengan dua metode yaitu observasi/survey dan penyuluhan/pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 5 Kota Tasikmalaya diikuti oleh 9 anggota MGMP matematika SMA dan 9 anggota MGMP matematika SMP. Seluruh peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti program pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran seluruh peserta mulai dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan. Seluruh peserta mampu membuat sebuah proyek dengan benar berupa perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian kemampuan matematis melalui DDR. Kesulitan utama guru matematika dalam membuat soal kemampuan matematis timbul karena kebiasaan untuk menggunakan cara cepat dalam menyelesaikan soal – soal matematika, sehingga perlu suatu perhatian yang lebih mendalam untuk membiasakan membuat soal – soal kemampuan matematis. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan maka pengembangan penilaian kemampuan matematis perlu dikaji lebih dalam, dengan materi yang lebih luas dan waktu pelaksanaan yang lebih lama karena merasakan manfaat yang besar dengan pengembangan penilaian kemampuan matematis melalui DDR. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diantaranya buku DDR dan jurnal nasional terakreditasi.

Kata Kunci : Penilaian, Kemampuan Matematis, MGMP Matematika, dan Didactical Design Research.

Full Text:

PDF 74-80

References


Kartinah. (2013). Pengembangan Kemampuan Matematis dan Kriteria Penilaian Guru dan Calon Guru Matematika Melalui Didactical Design Research (DDR). LPPM IKIP PGRI Semarang. Semarang: Tidak dipublikasikan.

Kurniawan, D. 2014. Penggunaan sessment For Learning (AFL) Melalui Peer Assessment Ditinjau Dari Gaya Belajar Untuk meningkatkan Mathematical Problem Solving. Thesis Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Bandung : Tidak dipublikasikan.

Sinaga, B. dkk. 2014. Buku Guru Matematika Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumarmo, U. 2014. Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya.Bandung : FMIPA UPI

Suryadi, D. 2015. Dedactical Design Research (DDR). Makalah pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 2015.

Thiagarajan., S. et al. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children :A Source Book. Minnesota : University Of Minnesota.

Wardani, S. 2008. Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi Doktor pada PPS UPI : Tidak dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.