PELATIHAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELOMPOK GURU KOMPLEKS SD NEGERI PASIRPANJANG (SDN PAGERSARI, SDN PASIRPANJANG 2, SDN PASIRPANJANG 3) KECAMATAN MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA

Ai Siti Nurjamilah, Yuni Ertinawati

Abstract


Penggunaan model pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini diawali dengan adanya permasalahan dalam pembelajaran yang mengakibatkan tujuan pembelajaran belum tercapai. Melalui analisis akar permasalahan yang terjadi dalam sebuah proses pembelajaran, seorang guru menentukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yang dipandang mampu mengatasi problematika pembelajaran. Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang tepat dan bervariatif merupakan bagian yang harus dikuasai guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai guru profesional. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi para guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Metode yang  digunakan dalam kegiatan ini adalah bimbingan bertahap. Artinya, para guru dibimbing dan diarahkan untuk melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang sesuai dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil dari pelatihan dalam kegiatan ini menjadikan para guru lebih memahami model-model pembelajaran, guru mampu menerapkan model pembelajaran tersebut, dan mampu menyusun RPP berdasarkan model pembelajaran tersebut.

Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Z. (2003). Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Gramedia

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Heryadi, D. (2007). Kemahiran Mengarang (Teori dan Pembelajarannya). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Kurniasih dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Surakhmad, W. (1998). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito Rosdakarya.

Suyadi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.