PEMBERDAYAAN LANSIA PRODUKTIF, AKTIF, DAN SEHAT, PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS HIDUP LANSIA MELALUI PELATIHAN SENAM YOGA DI DUSUN SINDANG KALANGON DAN DUSUN LENGKONGSARI KEC. SUKAMANTRI KAB. CIAMIS

Defri Mulyana, Juhrodin Juhrodin, Dwi Yulia N M

Abstract


Daerah yang akan menjadi binaan IbBM kami adalah Dusun Sindang Kalangon dan Dusun Lenkongsari Kec. Sukamantri. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari masyarakat di Dusun Sindang Kalangon dan Dusun Lengkongsari merasa baik-baik dalam menjalani kehidupannya. Tetapi pada masyarakat yang lanjut usia ada beberapa permasalahan. Permasalah dalam kehiduapan adalah tingkat keseimbanmgan dinamis masalah yang sangat banyak sekali terjadi pada lansia di Dusun Sindang Kalangon dan Dusun Lengkongsari kec. Sukamantri kab. Ciamis masalah yang sangat banyak sekali terjadi pada lansia terjadi pada masalah fisik salah satunya adalah keseimbangan dinamis. Dengan kurangnya keseimbangan dinamis para lansia kurang kuat fisik, kekakuan sendi dan otot, serta tidak kontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh dan juga dalam kehidupan bersosial dengan masyarakat tidak bisa mengontrol tingkat emosi karena tingkat emosi begitu sensitif. Problematika yang terjadi pada masyarakat perlu untuk menyelesaikan permasalahan dengan memberikan promosi kesehatan secara langsung serta langkah preventif dengan cara praktis dan nyata, yaitu dengan pemberian pelatihan senam yoga bagi lansia. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan secara keseluruhan senam yoga efektif hidup produktif, aktif, dan sehat. Melalui senam yoga masyarakat lansia dapat meningkatkan fungsi tubuh dan otak para lansia. Selain dapat meningkatkan fungsi tubuh dan otak para lansia, yoga juga dapat mencegah, mengontrol penyakit serta keadaan emosional yang biasa ditemui pada para lansia seperti berbagai penyakit sendi atau tekanan darah tinggi.

 

Kata Kunci :  Lansia, Produktif, Aktif, Sehat, Kualitas Hidup, Senam Yoga


Full Text:

PDF

References


Asriyana dan Yuliana. 2012. Produktivitas Perairan. Bumi Aksara. Jakarta.

Delitto A, 2013. The Link Between Balance Confidence and Falling. Physical Therapy Research That Benefits You. USA : American Physical Therapy Association.

Depkes RI, 2013. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Muharyani, P.W., 2010. Demensia Dan Gangguan Aktivitas Kehidupan Sehari– Hari (Aks) Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Wargatama Inderalaya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. Vol 1 No 1:20-27

Nitz, J. C., and Choy, N. L. 2014. The Efficacy Of A Specific Balance-Strategy Training Programme For Preventing Falls Among Older People: A Pilot Randomized Controlled Trial. Journal of Age and Ageing, Vol. 21, No. 3, Hal. 33.

(http://www.suaramerdeka.com/harian/0106/01/kot15.htm)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.