PENYULUHAN PENENTUAN HARGA JUAL DAN PROMOSI PENJUALAN PRODUK BAGI PELAKU USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI DESA RAYA BELANTI KECAMATAN BINUANG KABUPATEN TAPIN

Aris Setia Noor, Berta Lestari

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada anggota masyarakat yang berlokasi di Binuang Kabupaten Tapin khususnya di desa Pantai Atas. Kelompok ini cukup potensial karena didukung oleh kondisi alam yang memadai dan  sarana prasarana kelompok yang lengkap. Namun demikian, pengelolaan usaha dari kelompok ini masih dilakukan secara sederhana dan belum menerapkan manajemen secara profesional. Oleh karena itu perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal  teori tentang harga jual dan promosi penjualan produk secara mendalam lagi. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPM ini adalah 1).Ceramah untuk menyampaikan teori dan konsep-konsep yang sangat prinsip dan penting untuk dimengerti serta dikuasai oleh peserta pelatihan. Materi yang diberikan meliputi: maksud dan tujuan kegiatan, strategi harga jual dan promosi penjualan produk serta  metode – metode pemasaran melalui online secara dasar.Hasil kegiatan PPM menunjukkan bahwa semua peserta dapat mengikuti seluruh proses pelatihan dari awal sampai selesai, kegiatan yang dirancang 100% terlaksana, dan kehadiran narasumber 100%. Target penyampaian materi pelatihan juga tercapai karena materi dapat disampaikan secara keseluruhan. Penguasaan kompetensi peserta pelatihan dievaluasi melalui praktek mandiri yang dilakukan. Selain itu peserta juga telah berusaha memanfaatkan informasi dari berbagai sumber tersebut untuk lebih menambah wawasan lagi.

Kata kunci:  Kelompok Masyarakat Desa Pantai Atas, yang punya Usaha Mikro Kecil Menengah

The community service activities are aimed at community members located in Binuang, Tapin Regency, especially in the village of Pantai Atas. This group is quite potential because it is supported by adequate natural conditions and complete group infrastructure. However, business management from this group is still carried out simply and has not implemented management professionally. Therefore it is necessary to increase knowledge and skills in terms of theories about selling prices and product sales promotion in depth. The method used in this PPM activity is 1). Speak to convey theories and concepts that are very principle and important to be understood and mastered by the trainees. The material provided includes: the purpose and objectives of the activity, the selling price strategy and the promotion of product sales as well as basic online marketing methods. The results of PPM activities indicate that all participants can participate in the entire training process from start to finish, activities designed 100% implemented, and the presence of 100% speakers The target for delivering training material is also achieved because the material can be delivered in its entirety. Mastery of training participants' competencies is evaluated through independent practice. In addition, participants have also tried to use information from various sources to further add insight.

Keywords: Pantai Atas Village Community Group, which has a Micro, Small and Medium Enterprise


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung, Alfabeta.

Hisrich R. D, Michel, P.P, Dean A. S. 2010. Kewirausahaan. Edisi Tujuh. Salemba Empat. Jakarta.

Philip Kotler, Kevin lane Keller. 2012. Marketing Management 13 New Jersey ; Pearson Prentice Hall Inc.

Phillips Kotler, Garry Amstrong. 2012. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Terjemahan Alexander Sindoro. Prehallindo: Jakarta.

Rahardjo, B., 2003, “E-Commerce di Indonesia: Peluang dan Tantanganâ€, (http://budi.insan.co.id)

Sumarwan, Ujang, 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor

Suryana. 2009. Kewirausahaan. Edisi Tiga. Salemba Empat. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.