PELATIHAN ASERTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK SMP KORBAN BULLYING

Ani Wardah, Farial Farial

Abstract


Sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman, menyenangkan dan tempat yang sehat berlangsungnya proses pembelajaran. Namun, bagi sebagian peserta didik ternyata lingkungan sekolah tidak selalu nyaman dan menyenangkan, malah sebaliknya bisa membuat mereka menjadi stress, cemas dan takut. Salah satu penyebab ketidaknyamanan adalah adanya perilaku bullying di sekolah. Bullying adalah salah satu bentuk dari perilaku agresi dengan kekuatan dominan pada perilaku dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya. Bullying terjadi pada semua tingkatan sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Prilaku bullying di SMPN 4 Banjarmasin  merupakan permasalahan yang cukup memprihatinkan. Korban bullying berdampak nyata secara fisik maupun psikologis. Karakteristik utama korban bullying adalah peserta didik yang belum mampu bersikap asertif. Untuk menangani 12 orang peserta didik korban bullying di SMPN 4 Banjarmasin melalui pelatihan asertivitas. Metode pelaksanaan pelatihan asertivitas ini dilakukan kelompok dengan serangkai kegiatan yang sistematik terdiri dari 6 kali pertemuan, yaitu pertemuan:  I orientasi, II menghapus rasa takut dan keyakinan yang tidak logis, III berlatih untuk bersikap asertif, IV bermain peran, V Menerapkan hasil latihan dalam kehidupan sehari-hari, dan VI terminasi dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah peserta pelatihan  mampu mengekspresikan diri lebih tegas yaitu posisi tubuh tegap dan mampu menatap mata lawan bicara, mampu menolak dan meminta bantuan dengan tegas  yang didasarkan pada keseimbangan antara pencapaian tujuan  sendiri dan menghormati kebutuhan orang lain.


Full Text:

PDF

References


Akbari, B., & soraya, S. 2012. Effect of Assertiveness Training Methods on Self Esteem and General Self-Eficacy Female Students of Islamic Azad University, Anzali Branch. Journal of Basic and Applied Scientific Research 2265-2269.

Mousa,A., & Amira Y. S. 2011. The Effect of An Assertiveness Training Program on Assertiveness Skill and Social Interaction Anxiety of Individuals with Schizophrenia. Juornal of American Science 254-466.

Olweus, d. 1993, Bullying at School: What We Know and What We Can Do.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.