ASOSIASI KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIK MAHASISWA MELALUI METODE INKUIRI MODEL ALBERTA

Depi Setialesmana, Witri Nur Anisa, Linda Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkajia sosiasi antara kemampuan koneksi matematik dengan kemampuan komunikasi matematik, yang memperoleh pembelajaran dengan metode inkuiri model Alberta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Siliwangi angkatan 2015. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu mahasiswa yang sudah terdaftar dengan kelas tersebut akan dilihat dari kemampuan awal mahasiswa yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Sehingga tidak dimungkinkan untuk membuat kelompok baru secara acak. Satu kelompok dijadikan sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas 2015 A. Instrumen berupa soal tes kemampuan koneksi dan komunikasi matematik. Tehnik analisis datanya perbedaan dua rata-rata, sedangka nuntuk mengetahui asosiasi dilakukan perhitungan dengan uji kontingensi dengan bantuan software SPSS versi 23.32 for Windows. Tidak terdapat asosiasi antara kemampuan koneksi matematik dan kemampuan komunikasi matematik mahasiswa.


Full Text:

PDF 258-262

References


Alberta Learning. (2004).Focuson Inquiry: ATeacher’s Guideto Implementing Inquiry-Based Learning. Learning Resources Centre: Canada.

Anam, K., (2015), Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Badjeber, Rafik. (2015). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Model Alberta untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Bondan, Djamilah Widjajanti dan Wahyudin. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Makalah KMN Universitas Negeri Yogyakarta.

Clark, K.K., et.al. (2005). Strategies for Building Mathematical Communication in the Middle School Classroom: Modeled in profesional Develovment, Implemented in the Classroom. CIME (Current Issues in Middle Level Education) (2005)11(2),1-12.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rachmani, Nuriana Dewi. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan WEB. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret.

Sumarmo,Utari.(2014).Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Makalah pada seminar Pendidikan Matematika. FPMIPA Universitas Padjajaran. Bandung.

Wahyudin.(2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Rizki Press.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.340

Article Metrics

Abstract view : 270 times
PDF 258-262 - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License