MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEORI GROUP

Nani Ratnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi awal mahasiswa tentang pre- knowledge, merancang software media pembelajaran interaktif pada materi Group, validasi dan uji coba empiris software media pembelajaran interaktif, implementasi software media pembelajaran interaktif,  mengukur  keterampilan  berpikir  kritis  matematik,  mengetahui  persepsi  mahasiswa melalui penyebayaran angket dan wawancara. Luaran dari penelitian ini antara lain software media pembelajaran   interaktif   pada   materi   Group.   Penelitian   ini   merupakan   jenis   penelitian pengembangan dengan menggunakan metode development researh dan tehnik trianggulasi meliputi tahapan: tes pre knowledge, validasi software media pembelajaran interaktif, uji coba empiris, implementasi software media pembelajaran interaktif, menyebarkan angket persepsi mahasiswa, tes keterampilan berpikir kritis matematik, wawancara. Populasi penelitiannya yaitu mahasiswa semester 5 dan semester 7 Program Studi Pendidikan Matematika terdiri atas masing-masing 5 kelas,  diambil  satu  kelas  secara  acak  yaitu  menggunakan  tekhnik  cluster  random  sampling. Semester 7 terambil Kelas A sebanyak 28 orang dan semester 5 terambil kelas D sebanyak 30 orang. Simpulan dari penelitian ini yaitu pre-knowledge mahasiswa pada materi Gorup termasuk kualifikasi baik, meskipun secara individual masih ada beberapa mahasiswa yang kurang. Software media pembelajaran interaktif pada Materi Group layak diimplementasikan. Keterampilan berpikir kritis matematik mahasiswa termasuk kualifikasi baik, meskipun secara individual lemah pada indikator reason dan inference. Kesulitan mahasiswa secara beurutan dari yang paling banyak mengalami kesulitan yaitu pada indikator: clarity, inference, reason, dan overview.

 Kata Kunci: Software Media Pembelajaran Interaktif, Pre-Knowledge, Keterampilan Berpikir kritis Matematik


Full Text:

PDF 124-130

References


Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Enni R.H. 1981. Critical Thinking. United States of America: Prentice-Hall, Inc.

Fisher, R. 1995. Teaching Children to Think. Stanley Thornes Ltd. Cheltenham, United Kingdom.

Hudgins, B.B. et al. 1983. Educational Psychology. F.E. Peacock Publishers, Inc. USA.

Kusumah, Y.S., et al. 2008. Pengembangan Model Computer-Based E-learning untuk Meningkatkan High-Order Mathematical Thinking Mahasiswa SMA. Laporan Tahap I Penelitian Hibah Bersaing Nasional tahun 2008-2009.

Kusumah, Y.S., et al. 2009. Pengembangan Model Computer-Based E-learning untuk Meningkatkan High-Order Mathematical Thinking Mahasiswa SMA. Laporan Tahap II Penelitian Hibah Bersaing Nasional tahun 2008-2009.

Marzano, R. J. et al. 1989. Dimension of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Association for Supervision and curriculum Development. Alexandria US

Ozmen, H. 2004. Some Student Misconceptions in Chemistry: A Literature Review of Chemical Bonding. Journal of Science Education and Technology (JRST). 13( 2), June

Patmawati, Hetty dan Ratnaningsih, N. 2015. Developing Interactive Character-Based Learning Media to Facilitate Students' self-learning of Mathematics Capita Selecta. Proceeding ICCTE FKIP UNS 2015 International Conference on Teacher Training and Education. ISSN: 2502-4124 Vol 1 No. 1

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sahid. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. [online]. Tersedia : http://staff.uny.ac.id.

Samsudin, A. 2008. Peran Multimedia Interaktif (MMI) dalam Pembelajaran Fisika. [Online]. Tersedia: http://pendidikansains.blogspot. Com/2008/01/peran-multimedia-interaktif- mmi-dalam.html. [12 Desember 2008].

Sumarmo, U. 2004. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Yogyakarta Tanggal 8 Juli 2004: tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. 2006. Berpikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Mahasiswa Sekolah Menengah dan Mahamahasiswa Calon Guru. Makalah Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran Tanggal 22 April 2006: tidak diterbitkan.

Sunardi dan Imam Sujadi. 2016. Media Pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Vaughan, Tay., 2004., Multimedia: Making it Work Sixth Edition. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Yamasari, Yuni. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis ICT yang berkualitas. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS Surabaya. ISBN no. 979-545-0270-1




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.93

Article Metrics

Abstract view : 394 times
PDF 124-130 - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License