LOAD BALANCING DENGAN METODE ROUND ROBIN UNTUK PEMBAGIAN BEBAN KERJA WEB SERVER

Arif Maulana Komaruddin, Della Maerlin Sipitorini, Pian Rispian

Abstract


Akses informasi digital yang semakin banyak dilakukan, telah meningkatkan jumlah pengguna yang
mengakses situs atau aplikasi web pada waktu bersamaan. Aktivitas tersebut jika tidak ditangani, maka akan membuat web server kelebihan beban (overload) karena tidak dapat menampung request data yang diterima. Agar tidak terjadi overload pada server, maka pada penelitian ini dicoba untuk menerapkan teknik load balancing. Load balancing merupakan teknologi untuk melakukan pembagian beban kerja kepada beberapa server. Hasil percobaan menunjukan bahwa, penerapan teknik load balancing dengan metode round robin pada Nginx yang terkoneksi dengan 2 mesin Apache Web Server dapat membantu mengatur pembagian beban kerja Web Server.


Full Text:

PDF 47-50

References


D. Lukitasari and A. F. Oklilas, "Analisis Perbandingan Load Balancing Web Server Tunggal Dengan Web server Cluster MenggunakanLinux Virtual Server," Jurnal Generic, pp. 31-34, 2010.

H. Nasser and T. Witono, "Analisis Algoritma Round Robin, Least Connection, Dan Ratio Pada Load Balancng Menggunakan Opnet Modeler," Informatika, pp. 25-32, 2016.

A. Rahmatulloh and F. MSN, "Implementasi Load Balancing Web Server menggunakan Haproxy dan Sinkronisasi File pada Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi," Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, pp. 241-248, 2017.

E. Sverdlov, "How To Set Up Nginx Load Balancing," 27 Agustus 2012. [Online]. Available: https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-set-up-nginx-load-balancing.

T. Mulyana, "Load Balancing dengan Nginx," 5 Mei 2018. [Online]. Available: https://nothinux.id/load-balancing-dengan-nginx/.

L. "Tutorial Konfigurasi Load Balancing dengan Nginx," 6 Juli 2017. [Online]. Available: https://www.linuxsec.org/2017/07/konfigurasi-load-balancing-dengan-nginx.html?m=1.

Yasin, K, "Apa Itu Nginx dan Cara Kerjanya," 21 Juli 2019. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/nginx-adalah/.

C. Vuong, "Install LEMP on Ubuntu WSL on Windows 10," 15 September 2018. [Online]. Available: https://www.chanhvuong.com/3389/install-lemp-on-ubuntu-wsl-on-windows-10/.

C. Hope, "WSL," 13 November 2018. [Online]. Available: https://www.computerhope.com/jargon/w/wsl.htm.

Yasin, K, "Apa Itu Apache? Kelebihan dan Kekurangannya," 22 Juli 2019. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/apache-adalah/.

A. Sadrina, Implementasi Nginxsebagai Load Balancing Web Server Clusteringdi Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang, Padang, 2018.




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v5i2.1184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.