PERANCANGAN DATA WAREHOUSE PADA RUMAH SAKIT (STUDI KASUS: BLUD RSU KOTA BANJAR)

Rianto Rianto, Cucu Hadis

Abstract


Data warehouse merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menampung dan menganalisis data dalam jumlah besar. Analisis tersebut dapat ditinjau dari beberapa dimensi atau sudut pandang yang berbeda. Penerapan teknologi data warehouse tersebut dapat mengatasi masalah dan kebutuhan pihak eksekutif di RSUD kota Banjar dalam melakukan analisis terhadap data pasien dalam jumlah besar khususnya data pasien rawat inap dan rawat jalan. Metode perancangan data warehouse dilakukan dengan menerapkan 9 langkah (Nine-Step Methodology) yang digunakan oleh Kimball. Ke 9 tahap tersebut yaitu pemilihan proses, pemilihan, grain , identifikasi dan penyesuaian, pemilihan fakta, penyimpanan pre-calculation di tabel fakta, memastikan tabel dimensi, pemilihan durasi database, melacak perubahan dari dimensi secara perlahan, penentuan prioritas dan model query.Hasil dari penelitian ini   berupa rancangan skema dan simulasi data warehouse dengan menampilkan data pasien rawat inap dan rawat jalan berdasarkan dimensi waktu, pasien, rujukan, diagnosis, status pasien, ruangan, jenis pasien, kondisi pulang, dan kecamatan dalam bentuk tabel dan grafik.

Full Text:

PDF 214-221

References


. Inmon, W.H. 2002. Building The Data Warehouse.Canada: John Wiley &Sons, Inc.

. Connolly, T., & Begg, C. (2005), Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. Addison-Wesley.

. Lane, P. (2002). Oracle91 Data Warehousing Guide. Oracle Corporation.

. M.A.B.J.Dewa, Muhammad.N. 2013. Penerapan OLAP Monitoring Kinerja Perusahaan. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

. Alvin. 2010. Perancangan Data Warehouse Pada Software Laboratory Center. Jakarta Barat: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v3i2.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.