SELF ORGANIZING MAPS (SOM) SUATU METODE UNTUK PENGENALAN AKSARA JAWA

Akik Hidayat, Rahmi Nur Shofa

Abstract


Aksara jawa/hanacaraka merupakan warisan budaya masyarakat jawa kuno yang digunakan untuk menulis dalam pembuatan kitab-kitab, naskah kuno, tembang-tembang Jawa, prasasti, atau surat menyurat. Sangatlah penting untuk menjaga dan memelihara warisan ini, agar bangsa Indonesia dapat memahami nilai-nilai budaya dan seni yang tertulis. Pada tanggal 1 Oktober 2009 Aksara Jawa/hancaraka telah memiliki standar dari Unicode. Oleh karena itu mencoba mengembangkan model dan perangkat lunak pengenalan aksara Jawa/hancaraka. Dalam penelitian ini, model dan perangkat lunak yang dibangun menggunakan feature extraction zoning. Sedangkan algoritma yang digunakan adalah algoritma Self Organizing Maps (SOM). SOM merupakan salah satu algoritma dari Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dengan pemebelajaran tidak terawasi (unsupervised learning) yang mempelajari distribusi himpunan pola-pola tanpa informasi kelas. Dari hasil pengujian, tingkat akurasi JST SOM dalam mengenali aksara jawa cukup memuaskan.

Kata Kunci: Aksara Jawa/hancaraka, feature extraction, SOM.


Full Text:

PDF 64-70

References


. Heuton, Jeff. Handwriting Recognition (online) http://www.heatonresearch.com/articles/42/page1.html (diakses Pada 10 November 2013 sampai 2 Januari 2014)

. Kusumadewi, Sri dan Hartati, Sri. 2010. Neuro-fuzzy Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf. Bandung

. Mubarok. Pengenalan Tulisan Tangan Aksara Sunda Menggunakan Kohonen Neural Network (online) http://abstrak.digilib.upi.edu/Direktori/SKRIPSI/FPMIPA/ILMU_KOMPUTER/PENGENALAN_TULISAN_TANGAN_AKSARA_SUNDA_MENGGUNAKAN_KOHONEN_NEURAL_NETWORK.pdf (diakes pada 10 Oktober 2014)

. Roziqien, 2009. Sejara Aksara Jawa Legenda Hanacaraka. (online) http://rozieqien.blogspot.com/2009/04/sejarah-aksara-jawa-legenda-hanacaraka.html (diakes pada 10 Oktober 2014)

. Siong, Ang wie. Resmana. 1999. Pengenalan Citra Objek Sederhana Dengan Menggunakan Metode Jaringan Saraf Tiruan som. Prosiding Seminar Nasional 1 Kecerdasan Komputasional Universitas Indonesia, 20-21 Juli 1999. Surabaya: Universitas Kristen Petra. (online), http://fportfolio.petrra.ac.id/user_files/91-024/som-image-recog.doc (diakses pada 20 November 2014)

. Vincent Nathanail, Stephen. 2011. OCR (Automatic Pattern Recogntion) Sebagai Pengenal Pola Otomatis dan Cara Kerjanya. (online) http://intracomsolutions.com/blog/ocr-automatic-pattern-recognition-sebagai-pengenal-pola-otomatis-dan-cara-kerjanya.html (diakses pada 18 Oktober 2014)




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v2i1.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.