APLIKASI PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA DENGAN METODE SERVICE QUALITY DI LABORATORIUM INFORMATIKA TEORI DAN PEMROGRAMAN DASAR UNIVERSITAS SILIWANGI

Rahmi Nur Shofa, Andi Nur Rachman, Cecep Muhamad Sidik Ramdani

Abstract


Laboratorium merupakan suatu sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di Universitas. Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadai agar dapat berjalan dengan baik. Salah satu sarana pembelajaran yang dibutuhkan adalah laboratorium komputer. Teknik Informatika memiliki empat ruangan laboratorium, salah satunya adalah Laboratorium Informatika Teori dan Pemrograman Dasar (INTRO). Untuk mengukur peranan laboratorium komputer terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengembangkan proses pembelajaran, diperlukan pengukuran kualitas pelayanan dengan cara penyebaran kuesioner. Namun penyebaran kuesioner dengan cara manual dirasa kurang efisien, oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibangun aplikasi pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana di laboratorium komputer jurusan teknik informatika dengan metode service quality berbasis web. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi yaitu waterfall, dengan menggunakan bahasa pemorograman PHP serta MySQL untuk database. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang dapat digunakan pihak Jurusan Teknik Informatika untuk menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dan melakukan penghitungan tingkat kepuasan pengguna terhadap Laboratorium, sehingga pihak Jurusan Teknik Informatika dapat mengetahui tingkat kepuasan pengguna laboratorium yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan laboratorium di masa yang akan datang.

Full Text:

PDF 1-7

References


Abdul Kadir. (2001), Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach — 7th ed. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

Umar, Husein 2002. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.37058/jssainstek.v5i1.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.