PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTISENSORI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS B FKIP UNPAS BANDUNG TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Adi Rustandi, Rendy Triandy

Abstract


Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas B, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, pada semester genap tahun akademik 2019/2020, mata kuliah Teori dan Praktik Pembelajaran Menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas B terkait kemampuan menulis paragraf eksposisi dengan menggunakan metode multisensori. Tujuan lain yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan apakah metode multisensori ini dapat digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu, jenis nonrandomized control group pretest-posttest design. Setelah diberikan perlakuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas B mampu menulis paragraf eksposisi dapat diterima. Nilai prates rata-rata 61,32 dengan nilai konversi 2,45 berada pada kategori nilai Cukup (C), dan nilai rata-rata pascates 82,29 dengan nilai konversi 3,29 berada pada kategori nilai Baik (B). Jadi, adanya peningkatan sebesar 20,97 atau 0,88. Hipotesis metode multisensosi dapat digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada mata kuliah Bahasa Indonesia di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas B FKIP Unpas, juga dapat diterima. Hasil prates dan pascates pada uji thitung sebesar 12,34 dan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% sebesar 2,02 dengan derajat kebebasan 37. Ini artinya thitung > ttabel. Dari fakta-fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Kata kunci: pembelajaran, menulis, paragraf, eksposisi, multisensori

 

Abstract

This research is based on the ability of students of the Class B Indonesian Language and Literature Education Study Program, the Teaching and Education Faculty (FKIP), Pasundan University (Unpas) Bandung, in the even semester of the 2019/2020 academic year, Theory and Practice Learning Learning Writing. This study aims to understand the ability of Class B Indonesian Language and Literature Education students related to the ability to write exposition paragraphs using multisensory methods. The goal to be achieved is to design a multisensory method that can be used in learning to write an exposition paragraph. The research method used was a quasi-experimental method, a type of non-randomized pretest-posttest control group design. After being given approval, the results of the study showed the hypothesis proposed by the Class B Indonesian Language and Literature Education Study Program students were able to write an acceptable exposition paragraph. An average pre-test score of 61.32 with a conversion value of 2.45 is placed in the Fair value category (C), and an average post-test score of 82.29 with a conversion value of 3.29 in the Good value category (B). So, an increase of 20.97 or 0.88. The multisensory method hypothesis can be used in learning to write exposition paragraphs in Indonesian language courses in the Indonesian Language and Literature Education Study Program Class B FKIP Unpas, also acceptable. The results of the pre-test and post-test in the t-test were 12.34 and the ttable at the 95% confidence level was 2.02 with 37 degrees of freedom. This means tcount> t-table. From the facts above, it can be concluded that all hypotheses in this study can be accepted.


References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Dalman, H. 2018 Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan eksposisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. 1991. Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: Gramedia.

Maharimin, Ismail. 2004. Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Prasetyo, B. dan Jannah, L. M. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Subana dan Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainurrahman. (2018). Menulis: dari teori hingga praktik. Bandung: Alfabeta.