PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN PENGGUNA JKN KIS DI RSUD SELE BE SOLU KOTA SORONG

Rendi Yudhistira Pattiasina

Abstract


Kesehatan merupakan kebutuhan setiap manusia karena itu maka asuransi kesehatan JKN KIS sangat penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya Kota Sorong. RSUD Sele Be Solu merupakan satu-satunya rumah sakit milik pemerintah kota yang ada ada di wilayah Kota Sorong. Oleh Karen itu peran dan fungsi RSUD Sele Be Solu menjadi sangat fundamental. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh  kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan pengguna JKN KIS di RSUD Sele Be Solu Kota Sorong dengan jumlah populasi pasien rawat jalan pengguna JKN KIS selama tahun 2018 sebanyak 27.789 pasien, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 pasien. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling. Pengukuran variabel dilakukan menggunakan skala likert. Analisis data  menggunakan analisis regresi berganda. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji koefisien determinasi (R2), Uji signifikan simultan (uji statistik F), dan Uji signifikan parameter individual (uji statistik t). Hasil penelitian tidak terdapat pengaruh Kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien rawat jalan pengguna JKN KIS di RSUD Sele Be Solu Kota Sorong. Terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pasien rawat jalan pengguna JKN KIS di RSUD Sele Be Solu Kota Sorong. Terdapat pengaruh antara Kualitas pelayanan  dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan pengguna JKN KIS di RSUD Sele Be Solu Kota Sorong.


Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlambang, Susatyo., Murwani Arita. (2012). Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan Dan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Muninjaya, Gde. (2004). Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC.

Nasution, M N. (2004). Manajemen jasa terpadu (total service Management). Bogor: Ghalia Indonesia.

Priyanto, Dwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik). Yoyakarta:Mediakom.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif:Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sumarwan, Ujang, dkk . (2011). Riset Pemasaran dan Konsumen, Seri 1. Bogor: IPB Press

Tjiptono, Fandy. (2012).Service Management:Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

Yamiti, Zulian.( 2001). Manajemen Kualitas Produksi Dan Jasa. Jakarta: Ekonosia.

Undang-undang Dasar 1945.

Undang-Undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019