MOTIVASI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI STKIP PGRI LUMAJANG DALAM BERWIRAUSAHA

Dwi Yanuarindah Putri, Fidyah Jayatri

Abstract


Menjadi wirausaha adalah alternatif yang paling tepat. Kemauan memiliki bisnis ataupun berwirausaha mengindikasikan adanya penyediaan lapangan kerja bagi diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memotivasi mahasiswa dalam proses menciptakan wirausaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan naratif. Beberapa sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui proses wawancara mendalam dan data sekunder melalui dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan ditemukan beberapa faktor yang mampu memotivasi mahasiswa dalam berwirausaha yang meliputi motivasi dari diri sendiri maupun dari lingkungan. Bentuk motivasi intrinsik terdiri dari motivasi diri sendiri, bakat orang tua, kebiasaan berwirausaha sejak dini, dan motivasi ekstrinsik termasuk motivasi dari teman, dosen, dan lingkungan. Saran bagi mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP PGRI Lumajang agar lebih meningkatkan kemampuannya dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Mahasiswa yang merupakan agen perubahan diharapkan memiliki kecenderungan cerdas, kreatif, dan inovatif yang mampu menciptakan lapangan kerja, bukan sekedar menjadi pencari kerja.


Full Text:

PDF

References


Arimbawa, P. (2011). “Pentingnya motivasi”. Institut Pertanian Bogor. Bogor.TESIS.

Dewi, Wawandan.A. (2010). Faktor minat berwirausaha. Yogyakarta: Nuha Medika.

Hafiana, Mahmuda. (2017).“Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membentuk Sikap Wirausaha Pada Siswa Di SMKN 2 Malang”. Malang. Jurnal Implementasi sikap wirausaha.

Hisrich, R. D., et. Al. (2008). Entrepeneurship. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jayatri, Fidyah. (2018). Hubungan Literasi Ekonomi dan Minat Belajar Ekonomi dengan Pembentukan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Akhir Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang. Jurnal JP3, Vol. 8, No.2.

Nitisusastro, M. (2012). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Bandung: CV. Alfabeta.

Putri, Marriva Karnia. (2018). “Pengaruh Faktor Kepribadian dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha”. Yogyakarta. jurnal Pengaruh Faktor Kepribadian dan Lingkungan.

Susanto, Adi. (2018). Kewiraswastaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wibowo. (2013). Motivasi. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019