KONDISI EKONOMI KELUARGA DALAM MENDORONG SISWA MA NURUL HUDA WATES WETAN UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

Fidyah Jayatri, Dwi Yanuarindah Putri

Abstract


Kondisi ekonomi keluarga memiliki peran penting dalam mendorong anak-anak untuk melanjutkan hidup melalui perbaikan pendidikan. Dengan kondisi ekonomi yang baik, diharapkan para orang tua dapat memberikan masukan dalam pengambilan keputusan pendidikan anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara mendalam kondisi ekonomi keluarga dapat mendorong anak mereka untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode penelitian berjenis kualitatif dengan pendekatan naratif. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa dan siswa kelas XII IPS Madrasah Aliyah Nurul Huda. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tahap reduksi, verifikasi dan display data. Hasil penelitian menunjukkan, pertama gambaran kondisi ekonomi keluarga siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda berada pada posisi menengah ke bawah yaitu sebagai petani, pengurus tegal dan pedagang kecil dimana penghasilan setiap bulan  Rp. 1.500.000,00. Kedua, sebagian besar orang tua belum bisa memenuhi keinginan anak untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Keinginan anak dan kondisi ekonomi yang kurang mencukupi untuk melanjutkan pedidikan menjadi faktor utama anak tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Supriyono Widodo. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018.

(online),(www.turc.or.id/wp-content/uploads/2018/06/BPS_Berita-Resmi Statistik_Keadaan-Ketenagakerjaan-Indonesia-Februari-2018.pdf), diakses pada 4 Maret 2019

Elfindri. (2006). Jalur Cepat Lulus S1 dan S2. Jakarta : Visi Media.

Jayatri, Fidyah. (2014). Hubungan Antara Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Dan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Ekonomi Sma Dengan Minat Siswa Untuk Melanjutkan endidikan Ke Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi. Jurnal JP3, Vol.4, No. 1.

Nugroho, Yusuf. (2017). Economic Education Analysisi Journal : Persepsi Siswa Kelas X MIPA Tentang Pelaksanaan Peminatan Dan Lintas Minat Di SMA Negeri 1 Batang. (online), (https://Journal.unnes.ac.id/sju/index.php/essaj) diakses pada 4 Juli 2019.

Kamars, Dachnel.(1988). Sistem Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi Suatu Studi Perbandingan Beberapa Negara. Jakarta.

Santrock. J.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007).Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v1i2.2954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â