PENGARUH SELF REGULATED LEARNING, LINGKUNGAN KELUARGA DAN IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa-Siswi Kelas XI IPS Se- Kota Tasikmalaya)

Risma Rahmayanti, Ade Rustiana, Edi Fitriana Afriza

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-kota Tasikmalaya. Penelitian termasuk kedalam penelitian survei kuantitatif dengan menggunakan desain sexplanatory research. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Teknik sampling yang digunakan adalah area probability sampling sehingga didapat jumlah responden sebanyak 230 responden yang mewakili kelas disetiap area. Data diperoleh dari penyebaran angket dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS v.23 for Windows. Hasil Penelitian menunjukan bahwa self regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dimana pada dasarnya memang anak lebih banyak belajar bersama guru di lingkungan kelas sehingga lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Simpulan dari penelitian adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan self regulated learning, lingkungan keluarga dan iklim kelas secara bersama terhadap prestasi belajar siswa. Uji koefisien determinasi (R Square) diketahui pengaruh sebesar 69,5 % sedangkan 30,5% lagi sisanya dijelaskan oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A.H. (2016). Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Ghozali, M. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro:Semarang.

Hadiyanto. (2016). Teori & Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Jakarta:Kencana

Hendriana, H dan Rohaeti, E et.al., (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung:PT Refika Aditama.

Khuluqo.(2017).Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Latipah, Eva.(2010).Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar.Jurnal Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Vol 37 No 1. 110-129. Retrieved from: https://dev.jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7696/5962 [ 20 Desember 2019]

Puspendik. (2019)Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. Retrieved from: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id [22 November 2019].

Riduwan dan Akadon. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis statistika. Bandung:Alfabeta.

Rosyid, Z dan Mustazab et.al., (2019). Prestasi Belajar. Sumedang: CV. Literasi Nusantara.

Schunk, D.H. (2012). Learning Theories an Educational prespective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019