PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIK PESERTA DIDIK

Herni Indriastuti, Nani Ratnaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui hasil penerapan model  pembelajaran kontekstual  terhadap pemahaman  matematik peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimental. Desain penelitiannya menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan  sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan metode Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, uji keseimbangan dan uji hipotesis menggunakan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah  peserta didik  kelas X  SMA Negeri 1 Kawali. Sampel dalam  penelitian  diambil dua kelas   secara acak menurut  kelas dari seluruh populasi  yaitu kelas  X.4 sebagai kelas  eksperimen  dengan jumlah peserta didik  36 orang  dan kelas X.5 sebagai kelas  kontrol dengan  jumlah peserta didik  36 orang. Kelas eksperimen menggunakan  model pembelajaran  kontekstual  dan kelas kontrol  dengan  menggunakan  model pembelajaran  langsung. Instrumen  dalam penelitian  ini adalah soal tes pemahaman matematik, tugas individu dan tugas kelompok yang digunakan untuk  mengukur pemahaman matematik peserta didik. Soal yang diberikan berupa soal uraian.  Pada hasil uji dengan taraf signifikansi 0.05, nilai thitung > ttabel (2,317 > 1,992), ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian  diperoleh simpulan bahwa penerapan model pembelajaran  kontekstul lebih baik daripada pembelajaran  langsung, dimana memberikan pengaruh positif  terhadap pemahaman matematik peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.