UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING

Yan Yan Nurjani

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan  motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia dini di kelompok B TK YBA’45 Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK YBA’45 Tarogong Kidul yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan pada semester II pada bulan April sampai Mei tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan motorik halus Pra Tindakan menunjukan kriteria kurang baik dengan nilai rata-rata pengembangan motorik halus sebesar 46.65%. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukan kriteria cukup dengan nilai rata-rata pengembangan motorik halus sebesar 63.3%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah menunjukan keberhasil dalam mengembangkan motorik halus tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II pencapaian kriteria baik dengan nilai rata-rata pengembangan motorik halus sebesar 87.8%. Berdasarkan hasil penelitian dan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menggunting dapat mengembangkan motorik halus pada anak kelompok B semester II di TK YBA’45 Tarogong Kidul sebesar 24.5%.


Kata Kunci


Kegiatan Menggunting, Pengembangan Motorik Halus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Maqassary, A. (2014). Faktor yang Mempengaruhi Motorik. Jurnal Pendidikan.

Daeng Sari, M. P. (2016). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: Depdikbud.

Hildayani, R. (2009). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Universutas Terbuka.

Novikasari, M. (2014). Metode Pengembangan Motorik Anak. Jurnal Pendidikan.

Saputra, Y. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Sujiono, B. (2009). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suryadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Yudha M Saputra, R. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref