Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ramadanthy – Bogor

Wawan Kurniawan, Rika Sylviana

Abstract


Abstrak

Kebutuhan akan pendidikan menghasilkan pergerakan arus lalulintas di sekitar SMPIT Ramadanthy, sehingga menimbulkan peningkatan volume lalulintas pada ruas jalan yang berada di sekitarnya. Metode pengolahan data yang digunakan adalah kuantitatif, metode ini berpedoman pada MKJI tahun 1997 selanjutnya di analisis menggunakan metode statistik regresi linear yang perhitungannya menggunakan Software Ms.Excel tahun 2013 dan Software SPSS versi 21. Hasil analisa kinerja pada kondisi eksisting tahun 2018 di  Jalan Villa Nusa Indah 2 saat hari kerja adalah 1,96 berarti jalan tersebut dalam keadaan macet, saat hari libur adalah 0,59 artinya jalan tersebut masih mampu menampung kendaraan diatasnya. Pada Jalan Raya Bojong Kulur saat hari kerja adalah 1,14 artinya jalan tersebut melebihi kapasitasnya, kinerja jalan pada hari libur adalah 0,34 berarti jalan tersebut stabil. Hasil prediksi bangkitan dan tarikan akibat pembangunan pada tahun 2020 pada Jalan Villa Nusa Indah 2 saat hari kerja adalah 3.029 smp/jam dan pada saat hari libur adalah 938 smp/jam, pada Jalan Raya Bojong Kulur saat hari kerja adalah 1.877 smp/jam dan saat hari libur 552 smp/jam mengalami peningkatan pada tahun 2030 pada Jalan Villa Nusa Indah 2 saat hari kerja adalah 4.071 smp/jam dan saat hari libur yaitu 1.261 smp/jam, pada Jalan Raya Bojong Kulur saat hari kerja adalah 2.523 smp/jam dan saat hari libur 742 smp/jam. Dampaknya yaitu arus lalulintas yang dipaksakan atau macet pada kecepatan yang rendah dan antrian yang panjang serta terjadi hambatan yang besar. Rekomendasi yang diberikan ialah memaksimalkan fasilitas antar-jemput sekolah, menyediakan fasilitas lalulintas jalan, serta perbaikan pada geometrik jalan.

 

Kata Kunci: Analisis dampak lalu lintas, kinerja jalan, MKJI 1997


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta

Anonim, 2009, Pedoman Analisis Dampak Lalu Lintas Jalan Akibat Pembangunan Kawasan Perkotaan. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

Anonim, 2009, Undang-undang Republik Indonesia tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta

Anonim, 2011, Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas. Jakarta

Anonim, 2015, Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia nomor 75 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas, Kementrian Perhubungan, Jakarta

Anonim, 2016, Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia nomor 75 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Mentri Perhubungan Nomor PM 75 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas, Kementrian Perhubungan, Jakarta

Garland, 2014, Traffic Impact Analysis for the Proposed Valley High School Sport complex, Garland Associates, California

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung

Sungkono, K, dkk., 2017, Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Surabaya Grammar School (SGS), Jurnal Analisis Dampak Lalu Lintas, Volume 1 (3): 207-213

Widanal, 2013, Analisis Dampak Lalu Lintas Rumah Sakit dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMKN) 1 Bangli, Jurnal Analisis Dampak Lalu Lintas, Volume 2 (1): 7-8

Tamin, Ofyar Z., 2008, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v6i1.10227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: