Analisis Karakteristik Arus Lalu Lintas Menggunakan Metode Logaritmik Greenberg Dan Eksponensial Underwood (Studi Kasus: Jalan RS Fatmawati Raya, Kota Jakarta Selatan)

Syaima Radestya, Aulia Choiri Windari, Ribut Nawang Sari, Krisna Warianti, Nurma Yunita

Abstract


Karakteristik arus lalu lintas yang terdiri dari volume, kepadatan, dan kecepatan merupakan komponen utama dalam menganalisis kondisi eksisting lalu lintas suatu ruas jalan. Jika terdapat permasalahan pada kondisi lalu lintas khususnya di jalan raya, hendaknya diperlukan analisis guna mengetahui kondisi jalan tersebut seperti halnya pada bagian Jalan RS Fatmawati Raya, yang merpakan jalan arteri sekunder. Jalan tersebut berada di area komersial yang terdiri dari pusat perbelanjaan, pertokoan, dan perkantoran sehingga banyak kegiatan perpindahan tempat menggunakan alat transportasi yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai volume maksimum (kapasitas jalan), kecepatan arus bebas, kecepatan maksimum, nilai kepadatan pada jam puncak, dan nilai kepadatan optimum antara model logaritmik dan eksponensial, sehingga dapat diketahui hasil hitungan model yang paling mendekati dengan kondisi aktual dari alat perhitungan sensor arus lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan yaitu pemodelan matematika dari metode logaritma Greenberg dan eksponensial Underwood yang dapat menganalisis ketiga parameter utama dari karakteristik lalu lintas. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model matematika yang terpilih untuk menganalisis hubungan arus lalu lintas pada Jalan RS Fatmawati Raya yaitu model Underwood, karena model tersebut memiliki nilai koefisien korelasi (R) tertinggi yaitu 0,965 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,931. Hasil tersebut juga berdasarkan dari hitungan persamaan regresi yang membuktikan bahwa nilai korelasi tertinggi didapatkan pada metode Underwood daripada metode Greenberg.


Full Text:

PDF

References


Fadilah, R. dan Wibisana, H., 2023. Analisis Hubungan Volume, Kecepatan, dan Kepadatan Jalan Raya Kletek Sidoarjo Dengan Metode Greenberg dan Greenshield. Jurnal Extrapolasi, 20(2), hal.123–136. https://doi.org/10.30996/ep.v20i02.9084.

Febriany, N. dan Radam, I.F., 2022. Pengaruh Pedagang Kaki Lima Terhadap Karakteristik Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Dengan Tipe 2/2 UD (Studi Kasus Jl. Jendral Sudirman Kota Banjarmasin). Jurnal Rivet, 2(2), hal.69–76. https://doi.org/10.47233/rivet.v2i01.473.

Harjanto, S., Hidayati, N. dan Harnaeni, S.R., 2022. Kajian Lalu Lintas Pada Rencana Pembangunan Fly Over Hos Cokroaminoto Kabupaten Sragen. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS, hal.103–110.

Kaifan, A. dan Gani, F.A., 2021. Model Pemilihan Moda Antara Sepeda Motor Dan Bus Kota Di Kota Medan. Portal: Jurnal Teknik Sipil, 13(1), hal.17–22.

Lubis, M., Tarigan, G., Suharamadhan, A. dan Batubara, H., 2022. Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Kol. Yos Sudarso-Jalan Pulau Sumatera Di Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Buletin Utama Teknik, 17(2), hal.203–211.

Misbah dan Hendrizal, 2023. Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus : Jl. Soekarno Hatta Pasar Bawah Kota Bukittinggi). Jurnal Teknologi dan Vokasi, 1(1), hal.45–53. https://doi.org/10.21063/jtv.2023.1.1.7.

Murdilangga, B., Saputra, R.A., Johan, D. dan Delyuzir, R.D., 2023. Studi Kenyamanan Termal Stasiun MRT ASEAN Jakarta. Seminar Nasional Rekayasa dan Teknologi, 3(1), hal.37–41.

Palayukan, R.I.B., Rahman, Q.R. dan Mustakim, Y.H., 2023. Analisa Kapasitas Dan Kinerja Jalan Dengan Metode Linear Dan Metode Logaritmik Greenberg (Studi Kasus : Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar). Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), hal.25–39.

Rosyad, F., Firdaus dan Fradana, Y.M., 2024. Analisis Sistem Pengaruh Lalu Lintas Jalan Akibat Pembangunan Fly Over Kereta Api Bantaian Kabupaten Muara Enim. 6(3).

Sari, N.M., Salonten dan Supiyan, 2021. Analisa Perbandingan Perhitungan Kapasitas Ruas Jalan Metode PKJI 2014 Dengan Metode Greenshield, Greenberg Dan Underwood. Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 4(1), hal.286–297. https://doi.org/10.31602/jk.v4i1.5276.

Wahyunanda, I., Muthohar, I. dan Irawan, M.Z., 2021. Model Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas untuk Memprediksi Level of Service terhadap Perubahan Pola Pelayanan Angkutan Lanjutan (Studi Kasus pada Kawasan Stasiun Palmerah Jakarta). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 23(1), hal.18–29.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v6i1.11668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: