Pengaruh Variasi Ketinggian Tekanan Beton Segar terhadap Ketahanan Formwork pada Struktur Pile Cap Jembatan
Abstract
Proses pengecoran yang dilakukan dalam volume yang massif, seperti dalam kasus pilecap jembatan, pada dasarnya memiliki tekanan hidrostatis akibat beton segar yang relatif tinggi. Jika formwork tidak mampu untuk menahan tekanan tersebut dengan baik maka, terdapat risiko kegagalan yang signifikan selama proses pengecoran. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengevaluasi kekuatan bekisting untuk memastikan keamanan bekisting terhadap tekanan hidrostatis yang dihasilkan oleh beton segar. Kajian numerik dilakukan dengan cara memodelkan formwork secara 3D dengan elemen frame pada tie rod, pipa support dan komponen formwork lainnya. Formwork dianalisis dengan tiga stage pembebanan, stage-1 untuk tinggi pengecoran 1m, stage-2 untuk pengecoran dengan tinggi 1.3m dan stage-3 dengan tinggi pengecoran 2.3m. Hasil analisis menunjukkan bahwa formwork aman digunakan jika pengecoran dilakukan secara bertahap sesuai dengan stage pengecoran khususnya stage-1 dan stage-2. Namun, pengecoran pada stage-3 dengan tinggi 2.3m tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan buckling pada pipa support dan menghasilkan strength ratio yang melebihi satu. Adapun tegangan yang diterima phenolite pada pembebanan stage-1 masih berada dalam batas yang diizinkan dengan tegangan lentur dan geser yang terjadi adalah 9.95MPa dan 0.45MPa. Namun, untuk perilaku aksial yang terjadi pada tie rod dan pipa support selama pembebanan stage 1, tidak sesuai rencana dimana salah satu tie rod (TR02) mengalami aksial tekan sebesar 0.57kN. Perilaku aksial yang diharapkan terjadi pada stage-2 & stage-3 dimana tie rod mengalami aksial tarik dan pipa support mengalami aksial tekan.
Full Text:
PDFReferences
ACI Committee 347, 2014. American Concrete Institute: Guide To Formwork For Concrete 347.
Aek, P., Suhudi dan Setya Wijaya, H., 2019. Analisa Perbandingan Penggunaan Bekisting Konvensional dengan Pra Cetak pada Pekerjaan Kolom Apartemen Begawan Malang. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri, Lingkungan dan Infrastruktur (Sentikuin). Malang: Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi. hal.19.1-19.6.
Illinoiu, O.G., 2006. Slab Formwork Design. Civil Engineering Dimension, 8(1), hal.47–54. https://doi.org/10.9744/ced.8.1.pp.%2047-54.
Ilyasa, H.T., Suhariyanto, S. dan Wahiddin, W., 2021. Perencanaan Acuan Dan Perancah Pada Proyek Pembangunan Jakarta International Stadium Jakarta Utara. Jurnal JOS-MRK, 2(4), hal.290–294. https://doi.org/10.55404/jos-mrk.2021.02.04.290-294.
Millanda, M., Pratama, M.A. dan Suripto, S., 2023. Analisis Kekuatan Bekisting Aluko Pada Proyek Apartemen Kingland Avenue Serpong. Construction and Material Journal, 4(3), hal.231–236. https://doi.org/10.32722/cmj.v4i3.4792.
Munthe, A.T. dan Noegroho, M.A., 2020. Analysis of Strength, Stiffness, and Stability The Formwork Construction in LRT Jabodebek Project. Journal of World Conference (JWC), 2(2), hal.170–183. https://doi.org/10.29138/prd.v2i2.206.
Nilimaa, J., Gamil, Y. dan Zhaka, V., 2023. Formwork Engineering for Sustainable Concrete Construction. CivilEng, 4(4), hal.1098–1120. https://doi.org/10.3390/civileng4040060.
Nursani, R. dan Al Huseiny, M.S., 2020. Analisis Numerik Sambungan Las Struktur Baja Dengan Menerapkan Variasi Layout Las. Akselerasi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 2(1). https://doi.org/10.37058/aks.v2i1.2045.
Rosdiyani, T., Amilia, E. dan Abdullah, M.A., 2023. Tinjauan Analisis Perbandingan Kekuatan, Kekakuan, Stabilitas Bekisting Konvensional dengan Fiberglass. Jurnal Sipilkrisna, 9(1), hal.69–78. https://doi.org/10.61488/sipilkrisna.v9i1.253.
RSNI PKKI NI-5, 2002. RSNI PKKI NI-5- 2002 Tata Cara Perencanaan Konstruksi Kayu Indonesia.
Simaibang, E.M., 2022. Evaluasi Kekuatan dan Kekakuan Bekisting Dinding Geser akibat Tekanan Lateral Beton Segar pada Proyek Podomoro City Deli Medan. Universitas Medan Area.
SNI 1729, 2019. Sni 1729-2019. Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung, hal.215.
Yusuf, M., 2021. Analisis Kekuatan Bekisting Dinding Tengah Kantung Lumpur Kanan Proyek Bendung D.I Serdang. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v6i2.14036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini terindeks oleh: