Analisa Penerapan Metode Pert Dan Crashing Pada Perencanaan Jadwal Proyek (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Sarana Diklat BKPSDM Kabupaten Ciamis)

Herianto Herianto, Indra Mahdi, Muhamad Asif

Abstract


Abstrak

Proyek konstruksi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan suatu bangunan dan infrastruktur dalam waktu tertentu dengan menggunakan sumber daya proyek yang terbatas. Meski dengan keterbatasan tersebut, terdapat tiga hal yang harus dipenuhi dalam pembangunan suatu proyek konstruksi yaitu waktu, biaya dan mutu. Akan tetapi, kenyataan di lapangan sering terjadi pembengkakan biaya akibat keterlambatan penyelesaian proyek. Sehingga diperlukan manajemen proyek yang terstruktur guna memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Pada Proyek Pembangunan Gedung Sarana DIKLAT BKPSDM kabupaten Ciamis sebagai studi kasus dalam penelitian ini akan diterapkan metode PERT (Program Evaluation and Review Technique) dalam penjadwalan proyeknya, dimana pada metode PERT digunakan tiga estimasi waktu untuk menentukan durasi kegiatan serta hubungan antar kegiatan dalam menyusun diagram jaringan kerja sehingga didapat jadwal penyelesaian proyek yang optimal beserta dengan probabilitas penyelesaian proyek tersebut.

Dari hasil analisis dengan menggunakan metode PERT, penyelesaian proyek dengan durasi kerja rencana selama 180 hari memiliki persentase kemungkinan terselesaikannya proyek sebesar 55,57%. Sementara persentase penyelesaian proyek tertinggi sebesar 99,88%, dimana durasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek adalah 201 hari. Pada penelitian ini pula diterapkan metode crashing (percepatan durasi proyek) berupa sistem shift, hal ini dikarenakan berdasarkan data di lapangan dalam pelaksanaannya proyek mengalami keterlambatan sehingga memerlukan waktu selama 216 hari untuk menyelesaikan proyek dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 7.750.273.365,58. Dari data yang didapat kemudian dianalisis, durasi penyelesaian proyek dapat dipercepat menjadi 176 hari kerja dengan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 7.712.936.763,73.

 

Kata kunci : Jaringan Kerja, Manajemen Proyek, PERT.


Full Text:

PDF

References


Ervianto, Wulfram I. 2015. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta : Andi offset.

Hanna, 2008. Impact of Shift Work on Labor Productivity for Labor Intensive Contractor. Journal of Construction Engineering and Management.

Husen, Abrar. 2008. Manajemen Proyek. Yogyakarta : Andi offset

Levin, Richard I. 1966. Planning and Control with PERT/CPM. New York : McGraw-Hill.

Soeharto, Iman. 1997. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta : Erlangga.

Widiasanti, Irika dan Lenggogeni. 2014. Manajemen Konstruksi. Bandung : Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v1i2.1498

Article Metrics

Abstract view : 557 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: