MEMBANGUN APLIKASI PROGRAM OPTIMASI PENGELOLAAN AIR IRIGASI DENGAN VISUAL BASIC OF APLPLICATION (VBA) (STUDI KASUS PADA DAERAH IRIGASI BENDUNG MUHARA)

Supyan Solihudin Hidayat, Asep Kurnia Hidayat, Pengki Irawan

Abstract


Abstrak

Pengembangan program aplikasi optimasi pengelolaan air irigasi merupakan hal baru dalam dunia teknik sipil khusunya irigasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem aplikasi optimasi pengelolaan air irgasi yang kemudian diberi nama OBLinP-APS v.01 dan menganalisis hasil dari aplikasi OBLinP-APS v.01. Metode optimasi yang digunakan dalam studi ini berbasis program linier yang dikombinasikan dengan teknik simulasi. Model optimasi dibentuk dengan cara mengombinasikan kelakuan sistem dengan tujuan sistem, selanjutnya dipilih algoritma yang cocok untuk diterapkan ke dalam model optimasi tersebut. Sedangkan untuk rancangan aplikasi pada studi ini menggunakan VBA (Visual Basic for Application) yang terdapat pada Microsoft Office Excel versi 2010. Hasil perancangan aplikasi sistem pengelolaan air irigasi hasilnya sama dengan perhitungan manual dan dapat digunakan untuk mempercepat proses perhitungan optimasi lahan. Sistem yang dibangun sudah bisa menghasilkan grafik walaupun pada prosesnya penyesuaian skala grafik harus dilakukan secara manual karena kekurangan dari program tersebut. Hasil perhitungan yang dihasilkan aplikasi tentu lebih detail dan rinci serta sesuai dengan kaidah hasil perhitungan manual, artinya hasil luaran dari aplikasi sama dengan hasil perhitungan manualnya.

 

Kata kunci : Aplikasi VBA, Bendung Muhara, irigasi, optimasi.


Full Text:

PDF

References


Setyono, Ernawan. “Studi Optimasi Pola Tanam Daerah Irigasi Gong Gang Kecamatan Parang Kabupaten Magetan”. Media Teknik Sipil 14.1 (2016):51-59.

Hidayat, A. K., & Darmanto, I. H. (2001). Model optimasi pengelolaan air intake lakbok selatan bendung gerak Manganti (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Ginting, Segel, Dadan Rahmandani, and Abid Hendri Indarta. "Optimasi Pemanfaatan Air Embung Kasih untuk Domestik dan Irigasi Tetes." Jurnal Irigasi 13.1 (2019): 41-54

Divisi Penelitian dan Pengembangan MADCOMS. (2014). Microsoft Excel 2010. Pemrograman VBA. Yogyakarta: C.V Andi.

Setiawan, Nendra. 2020. Aplikasi Program Optimasi Pengelolaan Air Irigasi Dengan Visual Basic For Application (VBA) Berbasis Microsoft Excel (Studi Kasus Daerah Irigasi Bendung Cimulu). Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Siliwangi.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v2i2.2763

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: