PENAMBAHAN ABU AMPAS TEBU DAN SERAT SABUT KELAPA TERHADAP ASPAL PORUS

Dedy Maryunus Gea, Tommy Iduwin

Abstract


Aspal Porus merupakan aspal yang memiliki porositas yang tinggi dengan tujuanaspal mampu mengalirkan air secara horizontal, maupun vertikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik campuran aspal pours terhadap penambahan filler abu ampas tebu (AAT) dan pajang serat sabut kelapa. Syarat- syarat kareteristik dan metode pengujian aspal porus,berdasarkan spesifikasi Australian Asphalt Pavement Association (AAPA). Penentuan kadar aspal optimum (KAO) bedasarkan AAPA dan diperoleh menggunkan parameter yaitu; Catanbro Loss (CL), Void In Mix (VIM), dan Asphalt Flow Down (AFD) dengan menggunakan variasi kadar aspal 4%, 4.5%, 5%, 5.5%, 6% dengan syarat hasil KAO bekisar antar 4-6%. Bedarsarkan hasil penelitian diperoleh nilai KAO sebesar 5%, kemudian dibuat benda uji berdasarkan nilai KAO dengan penambahan filler AAT dengan variasi 0%, 3%, 5%, 7%, 9% dan serat sabut kelapa dengan kadar 2% dan panjang 2cm. Dari pengujian menggunkan bahan tambah, diperoleh hasil dengan nilai Vim menurun dan Nilai MQ meningkat serta nilai stabilitas semakin meningkat dengan nilai tertinggi pada kadar AAT 9 %688.17 Kg dengan nilai flow mengalami penurunan 11% dengan nilai 3.17 mm.

Kata Kunci : Aspal Porus, Catanbro Loss (CL), Asphalt Flow Down (AFD)


Full Text:

PDF

References


F. D. Kurniasari, S. M. Saleh, and S. Sugiarto, "Pengaruh Filler Abu Ampas Tebu (AAT) Dengan Bahan Pengikat Aspal Pen 60/70 Pada Campuran Laston AC-WC," Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, vol. 1, no. 4, pp. 69-78, 2018.

M. Miswar, "ANALISA PEMANFAATAN ABU AMPAS TEBU SEBAGAI FILLER PADA LAPISAN TIPIS ASPAL PASIR," Portal: Jurnal Teknik Sipil, vol. 2, no. 1, 2017.

M. F. Syaviq, M. Z. Arifin, H. Bowoputro, L. Djakfar, and L. Ambarwati, "Studi Pengaruh Penambahan Serabut Kelapa Terhadap Karakteristik Marshall Pada Campuran Aspal Porus," Rekayasa Sipil, vol. 12, no. 2, pp. 92-98, 2019.

T. Iduwin, D. Mayasari, and T. Yuhanah, "PENGARUH AIR MENGUNAKAN RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT PADA CAMPURAN BETON ASPAL BERDASARKAN UJI CANTABRO DAN INDIRECT TENSILE STRENGTH," in JURNAL FORUM MEKANIKA, 2021, vol. 10, no. 1.

D. J. B. Marga, "Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan Divisi 6," Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2018.

A. A. P. Association, National asphalt specification. The Association, 2004.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v3i2.4594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: