ANALISA PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN CONTROLLED MODULUS COLUMNS (CMC) PADA KONSTRUKSI TIMBUNAN JALAN

Zakwan Gusnadi, Iman Handiman, Fitriana Sarifah

Abstract


Tanah lunak pada konstruksi timbunan jalan sering kali menimbulkan permasalahan pada proses konstruksi maupun saat jalan telah beroperasi. Karakteristik tanah lunak yang memiliki kekuatan yang rendah dan kompresibilitas yang tinggi menyebabkan permasalahan daya dukung dan penurunan. Daya dukung yang rendah mengakibatkan timbunan yang dapat ditahan oleh tanah dasar terbatas serta permasalahan stabilitas. Sedangkan penurunan yang besar dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur perkerasan jalan. Metode perbaikan tanah dengan menggunakan Controlled Modulus Columns (CMC) merupakan salah satu alternatif yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Metode CMC dikombinasikan dengan Load Transfer Platform (LTP) yang berfungsi untuk meratakan beban sebelum didistribusikan pada CMC dan tanah disekitarnya. Pada penelitian tanah lunak setebal 16 m diperbaiki menggunakan CMC diameter 42 cm dengan panjang 25 m yang dikombinasikan dengan LTP 1 m. Timbunan rencana diatas tanah lunak mencapai 13 m dan diperkuat dengan geotekstil woven T100 yang dipasang per 1 m pada tubuh timbunan. Analisa dilakukan dengan metode elemen hingga 2 dimensi menggunakan program Plaxis. Hasil tinjauan tanpa perkuatan menunjukan terjadi keruntuhan pada timbunan dengan ketinggian 6 m. Total penurunan yang terjadi mencapai 290 cm. Dengan menggunakan perbaikan tanah CMC faktor keamanan stabilitas dapat meningkat sebesar 1.54. Total penurunan yang terjadi dapat direduksi menjadi 110 cm atau berkurang sekitar 62%.

Full Text:

PDF

References


J. Han, Principles and Practices of Ground Improvement. New jersey: John Wiley & Sons, 2015.

F. Masse, M. Carey, and I. Ingram, “Controlled Modulus Columns ( CMC ) : Application to the support of Mechanically Stabilized Earth,†2011.

N. Thayalan and T. W. Eom, “Design Aspects of Control Modulus Columns in Ground Improvement Design,†in International Society for Soil Mechanics and Geotechnical Engineering (ISSMGE), 2015, pp. 383–386.

B. G. Look, Handbook of Geotechnical Investigation and Design Tables. London: Taylor & Francis, 2007.

M. Carter and S. P. Bentley, Soil ProPertieS and their CorrelationS, 2nd ed. John Wiley & Sons, 2016.

J. Ameratunga, N. Sivakugan, and B. M. Das, Correlations of Soil and Rock Properties in Geotechnical Engineering. 2016. [Online]. Available: http://www.springer.com/series/13410

B. Simon, ASIRI National Project: Recommendations for the design, construction and control of rigid inclusion ground improvements. Presses des Ponts, 2012.

R. B. J. Brinkgreve, L. M. Zampich, and N. R. Manoj, PLAXIS Material Models. Netherlands, 2019.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v4i2.5670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: