Karakteristik Pengendara Sepeda Motor dan Penggunaan Helm di Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Resmi Arianti, Mardani Sebayang, Edi Yusuf Adiman

Abstract


Helm digunakan sebagai alat pelindung kepala standar saat berkendara yang berfungsi untuk melindungi dan mengurangi dampak cidera kepala akibat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan peluang penggunaan helm di Kota Pekanbaru. Data penggunaan helm diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dengan memberi kuesioner kepada pengendara yang melintas pada lokasi penelitian yaitu pada ruas Jalan HR.Suebrantas, Tuanku Tambusai, Riau dan Jendral Sudirman. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Dari hasil penelitian ini total pengendara sepeda motor menggunakan helm di Kota Pekanbaru pada lokasi penelitian yaitu sebanyak 185.879 kendaraan dengan persentase (91%), sedangkan pengendara yang tidak menggunakan helm saat berkendara sebanyak 18.661 kendaraan dengan persentase (9%). Pengendara sepeda motor tertinggi dalam menggunakan helm yaitu pada ruas Jalan Jendral Sudirman pada jam 07.00-09.00 WIB sebanyak 6.771 kendaraan. Berdasarkan karakteristik pengendara sepeda motor terdapat 12 variabel yang memiliki hubungan terhadap penggunaan helm yaitu: usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, penggunaan helm SNI, alasan penggunaan helm, kapasitas penumpang, kepatuhan lalu lintas, tali pengikat, jarak tempuh, lama berkendara, alasan utama melanggar peraturan dan cedera kepala. Variabel yang paling berpengaruh terhadap penggunaan helm yaitu penggunaan helm SNI  dengan tingkat pengaruh 37,7% dan tingkat kepatuhan pengendara kepada peraturan lalu lintas dengan tingkat pengaruh sebesar 27,7%. Peluang penggunaan helm saat berkendara sepeda motor tertinggi berdasarkan nilai odds rassio yaitu variabel usia dengan nilai 8,101 kali dibandingkan dengan variabel lainnya. 


Full Text:

PDF

References


Aine Kusumawati, Estiara Ellizar, Hamsyin Rivai. (2018). “Kajian Tingkat Pemakaian Helm dan Keparahan Kecelakaan pada Anak di Kota Bandungâ€.

Basuki Tri (2017). “ekonometrikblog regresi logistik biner.pdfâ€

BPS, K (2020). Kota Pekanbaru dalam angka 2020.

BSN. (2007). PENERAPAN STANDAR WAJIB SNI 1811-2007 Helm pengendara roda dua.

Harlan, J. (2018). analisis regresi logistik.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Ramli isran Muhammad dkk. (2018). “Referensi pengendara Menggunakan Sepeda Motor Terhadap Penggunaan Helm SNI Di Kota Makassarâ€

Rudianto Jef dan Ummu Harmain.(2021).“Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kewirausahaan petani torabika di kabupaten Dolog Masagal, kabupaten Simalungun, provisi Sumatra utaraâ€.

Sudastin Jennyfer. (2022). “Studi Karakteristik Pengendara Sepeda Motor dan Penggunaan Helm di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riauâ€

Undang-undang republik Indonesia nomar 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. (2009).




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v4i2.6451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: