Bandingan Abu Sekam Padi Dan Abu Kapur Pada Campuran Lataston Perkerasan Jalan

Rizal Maulana, Asep Kurnia Hidayat, Empung Empung

Abstract


Indonesia sebagai negara berkembang memiliki laju pertumbuhan yang cukup pesat, seiring laju pertumbuhan tersebut, maka peran transportasi sangatlah penting. Sarana dan prasarana yang memadai sangat diperlukan agar transportasi berjalan lancer. Oleh karena itu, peranan suatu jalan termasuk penting untuk menunjang aktivitas sosial dan perekonomian suatu daerah. Jalan yang aman, nyaman, kuat dan ekonomis akan mempermudah manusia dalam pergerakannya.

Dalam penelitian ini, abu sekam padi dan abu kapur digunakan sebagai pengganti sebagian bahan pengisi pada agregat, sedangkan aspal yang digunakan aspal AC ESSO Pen 60/70. Karakteristik dari aspal dan agregat diketahui melalui pengujian-pengujian standar campuran beraspal panas di Indonesia, sedangkan kinerja campuran diperoleh dari pengujian Marshall. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil pengujian Marshall antara 2% abu sekam padi dan 2% abu kapur dengan variasi campuran kadar aspal antara 6,5% - 8,5%.

Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kadar aspal optimum adalah 6,75% untuk 2% abu sekam padi dan kadar aspal optimum 6,8% untuk 2% abu kapur. Sedangkan hasil perbandingan penambahan sebagian filler dengan 2% abu kapur lebih baik daripada penamabahan dengan 2% abu sekam padi.

 

Kata Kunci : Abu Sekam Padi ,  Abu Kapur, AC ESSO Pen 60/70, Bahan Pengisi, Lataston, Uji Marshall

 


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga. Spesifikasi Umum 2010. Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, 2014.

Hardianty, Ajeng Rizkya. 2018, “Pengaruh Abu Zeolit Pada Campuran Lataston Untuk Perkerasan Jalanâ€, Tasikmalaya: Jurusan Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi.

Laboratorium Rekayasa Jalan dan Lalu Lintas. Panduan Praktikum. Bandung : Institut Teknologi Bandung, 2018.

Setiawan, Agus dan Vanhardy, Andre. Perencanaan Campuran Aspal Beton Dengan Menggunakan Filler Portland Cement. Semarang : Universitas Diponegoro, 2010.

Sukirman, Silvia. Beton Aspal Campuran Panas. Jakarta : Granit, 2003.

Soehartono, Ir., 2015, “Teknologi Aspal dan Penggunaannya Dalam Konstruksi Perkerasan Jalanâ€, ANDI, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v1i1.830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: