STRUKTUR, PERILAKU DAN KINERJA PEMASARAN CABAI RAWIT MERAH DI KECAMATAN CIGALONTANG

Anisa Puspitasari, Rudi Priyadi, Dedi Supyadi

Abstract


Tujuan Penelitian ini mengetahui saluran pemasaran, struktur, perilaku dan kinerja pemasaran cabai rawit merah di Kecamatan Cigalontang. Dengan 30 responden petani dan 22 orang lembaga pemasaran yang terdiri dari tujuh orang pedagang pengumpul, tujuh orang pedagang besar, dan delapan orang pedagang pengecer. Data yang digunakan merupakan data primer dan data skunder. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur pasar komoditas cabai rawit merah cenderung oligopsoni. Struktur pasar menunjukkan konsentrasi lemah dan terdapat hambatan masuk. Prilaku pasar dilihat dari proses jual beli yatitu dijual dengan mekanisme pedagang pengumpul akan mengambil langsung ke lahan petani,Adapun di tingkat pedagang pengumpul desa dan pedagang pengecer adalah sistem pembayaran tunai ataupun kredit. Kinerja pasar dapat dilihat dari hasil analisis marjin bahwa marjin pemasaran terkecil terdapat pada saluran II sedangkan Farmer’s share terbesar terdapat pada saluran II sebesar 75 persen.


Keywords


Struktur, Prilaku, Kinerja, Pemasaran Cabai rawit merah.

Full Text:

PDF

References


Asmarantaka RW. 2009. Pemasaran Produk-Produk Pertanian. Dalam Bunga Rampai Agribisnis Seri Pemasaran. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Bogor: IPB Press.

[BPS] Badan Pusat Statistik.2018. http//www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar1.Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Edisi 10 Agustus 2018. Diakses tanggal 01 Desember 2019.

BP3K.2018. Kecamatan Cigalontang. Produksi dan Produktivitas Cabai Kecamatan Cigalontang

Hirschey M. 2009. ManagerialEconomics: An IntegrativeApproach. New Delhi (IN).Cengage Learning.

Hutabarat, B. dan B. Rahmanto. 2004. Dimensi Oligopsonistik Pasar Domestik Cabai Merah. www.ipb.ac.id.Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Jaya, W.K. 2001. Ekonomi Industri. Edisi Kedua. Badan Penerbit FakultasEkonomi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Kohls RL, Downey WD. 1972.Marketing of Agricultural Products4th edition. Macmillan Publishing.New York.

Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT Pustaka LP3ES. Jakarta.

Muslikh. 2000. Analisis sistem tataniaga cabai rawit merah (capsicum frustecens) di DKI Jakarta (Studi Kasus: Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Jatinegara, dan Pasar Tanah Abang) [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Sinaga, RV, Fariyanti, A dan Aprilia, N.2014. Analisis Struktur, Prilaku dan Kinerja Pemasaran Kentang Granola di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jurnal Fourm Agribisnis Institut Pertanian Bogor, 4(20), 101-120.

Soekartawi.2010. Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 238 hal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.