Tingkat Kepuasan Konsumen Kedai Kopi di Kota Tasikmalaya

Nawa Olan Widagdo, Candra Nuraini, M Iskandar Mamoen

Abstract


Jumlah kedai kopi di Kota Tasikmalaya yang terus bertambah membuat persaingan semakin tinggi, oleh karena itu pemilik harus mengetahui keinginan dan tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengambilan keputusan konsumen, menganalisis kepuasan konsumen, dan mengidentifikasi atribut bauran pemasaran yang dianggap penting dalam  menentukan kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus di Rumah Kopi Barretto, Nyalse Kopi dan Pergola Coffee Corner selama sebelas bulan dengan responden sebanyak 96 orang yang dipilih dengan menggunakan metode accidential sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index, dan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukan proses pengambilan keputusan dimulai dari motivasi kosumen mengunjungi kedai kopi untuk berkumpul berasama teman, sumber informasi berasal dari teman, rasa kopi yang enak, suasana kedai kopi yang nyaman, responden ingin melakukan kunjungan kembali dan merekomendasikan kedai kopi. Tingkat kepuasan konsumen sebesar (78,14%) yang berarti konsumen puas terhadap kedai kopi. Atribut bauran pemasaran yang penting dan pelayanannya menentukan kepuasan konsumen adalah kebersihan, kesesuaian harga dan kualitas produk, kesopanan barista dan pramusaji, cita rasa kopi, pengetahuan barista dan pramusaji, harga terjangkau, kemudahan dalam pembayaran, penampilan barista dan pramusaji, dekorasi menarik, dan aroma kopi.


Keywords


Kedai Kopi; Kepuasan; Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aritonang, R.L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia.

Ayuni, Ni Wayan Deninta, I Made Anom Adiaksa, I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari. (2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Kopi Biji Salak. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. 13(2) 120-126.

Eka Kurniati, Evanila Silvia, Zulman Efendi. 2016. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kue Baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia. 8(2) 67-75.

Elly Rasmikayati, Alvi Nurin Deaniera, Dika Supyandi, Yayat Sukayat, dan Bobby Rachmat Saefudin (2020). Analisis Perilaku Konsumen : Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan dan Loyaitas Konsumen Kedai Kopi. Jurnal Agribisnis. 6(2) 969-984.

Erma Susanti dan Ririn Septrisulviani. (2018). Analisis Kualitas Layanan Portal Media Online Kota Jogja.com Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika. 11(2) 136-150.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lili Suryati. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

M. Yusnita. 2010. Pola Perilaku Konsumen dan Produsen. Semarang: ALPRIN

Rahmanissa, R dan Sadeli, AH. 2016. Kepussan Konsumen ETerhadap Atribut Kualitas Minuman Kopi di Java Preanger Coffee House Bandung. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian. 1(1) 54-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.