PENGEMBANGAN MEDIA FLASH FLIPBOOK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MATERI SEJARAH LOKAL GEGER CILEGON 1888 DI SMA NEGERI 1 CIRUAS

Rikza Fauzan, Jemi Yawati, Eko Ribawati

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran sejarah dengan media flash flipbook digital untuk pembelajaran sejarah peserta didik SMA dengan kajian materi sejarah lokal Geger Cilegon  1888 dan mendeskripsikan kelayakan media flash flipbook digital. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari tahapan: 1) pencarian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) mengembangkan produk awal, 4) uji lapangan awal, 5) analisis revisi produk, 6) uji coba produk (ujicoba produk skala kecil atau terbatas, 7) hasil produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media flash flipbook digital telah divalidasi oleh 1) ahli materi dengan skor presntase 78% dengan kriteria “layak”, 2) ahli media dengan skor presntase 89% dengan kriteria “sangat layak”, 3) ahli pendidikan dengan skor presntase 90% dengan kriteria “sangat layak” dan respon peserta didik dengan skor presntase 86% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, media pembelajaran flash flipbook digital yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada kajian materi sejarah lokal Geger Cilegon 1888 untuk pesertaa didik kelas XI di SMA N 1 Ciruas.


Keywords


Media Flash Flipbook Digital, Pembelajaran Sejarah, Penelitian R&D

Full Text:

PDF 30-38

References


Agung, Leo dan Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Borg & Gall. 1983. Educational Rsearch. NewYork: 91 90 89 8887 86 85

Candra, Rustika. 2016. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook untuk Meningkatkan Hail Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Salam Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim: Malang

Fauzan, Rikza. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Living History Dalam Materi Sejarah Lokal Geger Cilegon 1888 Sebagai Upaya Membangun Nilai Patriotisme Siswa. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Serang.

Hidayatullah, M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Munawaroh, Hayatun. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft pada Materi Ekosistem Untuk Memberdayakan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas X di SMA. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.

Imtihana, Mutia. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Jurnal. Universitas Negeri Semarang: J.Biol Educ 3 (2).

Riduwan. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk & Setiawan A. dkk 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 742 times
PDF 30-38 - 626 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: