GAYA HIDUP MASYARKAT PERKOTAAN JAWA DALAM IKLAN MEDIA CETAK (1930-1942)

Ilham Rohman Ramadhan

Abstract


Sejarah perkembangan iklan di Indonesia merupakan salah satu kajian yang menarik, terutama jika dipakai untuk mengkaji perilaku dan gaya hidup dalam masyarakat. Iklan mempunyai nilai kredibilitas yang tinggi sebagai data dalam suatu rekonstruksi sejarah. Melalui iklan, sejarawan dapat mempelajari sejarah peradaban suatu masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Maka berdasarkan konsep tersebut, pada tulisan ini akan dibahas mengenai bagaimana gaya hidup masyarakat perkotaan di Jawa dilihat dari iklan media cetak yang terbit pada periode tahun 1930-1940. Dalam kajian ini juga dibahas mengenai pengaruh dari iklan terhadap gaya hidup masyarakat. Kajian ini menggunakan metodologi ilmu sejarah dengan menggunakan sumber-sumber iklan dari media cetak yang terbit di Jawa pada periode yang telah ditentukan, serta buku-buku penunjang lainnya. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian, dasawarsa 30-an merupakan era keemasan dan kejayaan periklanan di Jawa. Biro reklame tumbuh sangat pesat. Dengan diberlakukannya kebijakan liberalisasi dan swastanisasi perekonomian masa kolonial, yang secara umum telah mengakibatkan terjadinya peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dan tingkat kesejahteraan penduduk. Peningkatan kesejahtraan ini lambat laun memengaruhi gaya hidup masyarakat. Bukti pendukung terjadinya proses modernisasi gaya hidup masyarakat Jawa pada tahun 1930 sampai 1942, terekam dalam informasi komersial dari berbagai iklan gaya hidup di media cetak yang terbit pada masa itu. Perkembangan periklanan di Jawa ternyata berpengaruh kepada masuknya modernisasi dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari penduduknya. Tetapi modernisasi ini bersifat tidak menyeluruh, karena hanya bisa dirasakan oleh sebagain masyarakat perkotaan Jawa.


Keywords


Iklan, Gaya hidup, Masyarakat perkotaan, Jawa, Media Cetak

Full Text:

PDF 48-62

References


Baty Subakti (dkk). 2007. Sejarah Periklanan Indonesia 1744-1984. Yogyakarta: Galang Press.

Bedjo Riyanto. 2000. Iklan Surat Kabar dan Perubahan Masyarakat di Jawa Masa Kolonial 1870-1915. Yogyakarta: Tarawang.

Garraghan, Gilbert J. 1957. A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press.

Hanna, Willard A. 1988. Hikayat Jakarta. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hermanu. 2006. Pikat: Pameran Iklan Cetak Generasi ke-2. Yogyakarta: Bentara Budaya.

Iver, Mac. 1997. Society; A Textbook of Sociology. New York: Farrar and Rinehart.

Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Humanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak.

Kotler, Phillip. 1987. Dasar-dasar pemasaran jilid 1. Jakarta: Intermedia.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rhenald Kasali. 1993. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Temprint.

Sartono Kartodirdjo. 1987. Perkembangan Peradaban Priyayi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wertheim, W. F. 1959. Indonesian Society in Transition: A Study of Social Change. The Hague: Van Hoeve.

Media Cetak:

Almanak Djawi, 1938.

d’Orient, 1936 dan 1940.

Kadjawen, 1937.

Lexicon, 1939

Nitour, Januari-Juni 1939.

Sin Po, 1936.

Sin Tit Po, 1931


Article Metrics

Abstract view : 641 times
PDF 48-62 - 688 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: