Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI TKJ 4 SMK Muhammadiyah
Abstract
Dunia pendidikan tidak pernah lepas dari permasalahan-permasalah terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas, termasuk salah satunya pada mata pelajaran sejarah. Diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penyebab dan dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterkaitan antara minat belajar dan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI TKJ 4 di SMK Muhammadiyah. Dalam penelitian ini, digunakan metode kuantitatif dengan model penelitian yang bersifat korelasional. Informasi minat belajar dikumpulkan melalui angket, dan informasi hasil belajar diperoleh dari catatan ujian sejarah semester yang kemudian di uji validitas dan reliabilitasnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar sejarah. Identifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap minat belajar mencakup metode mengajar yang efektif, penerapan materi dalam konteks nyata, dan lingkungan yang mendukung proses belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan minat belajar siswa dapat membantu meningkatkan hasil belajar sejarah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, R.S.,& Zafri. (2023). Hubungan Antara Minat dengan Proses Belajar Sejarah Peserta Didik di SMA Negri 1 Ranah Pesisir. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 7 No2.
Dewi, S.A & Lestari, T. (2021). Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika.
Gani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat dan Hasil Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis. 3(3), 336337.
Herman, S.V.,& Rochmat, S. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Di Kelas Xii Ips Man 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Pendidikan Sejarah Volume 5 Edisi 6
Karina, R. M., & Syafrina, A. (2017). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar.
Kuh, G. D., et.al. 2014. Knowing What Students Know and Can Do The Current State of Student Learning Outcomes Assess ment in U.S. Colleges and Universities. Urbana: National Institute for Learning Outcomes Assessment, January 2014.
Mesra, P., Kuntarto, E. & Chan, F. (2021). FaktorFaktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(3), 179.
Mulyadi, S., Basuki, A. H., & Prabowo, H. (2019). Metode penelitian kualitatif dan mixed method: perspektif yang terbaru untuk ilmu-ilmu sosial, kemanusiaan, dan budaya.
Rachmawati, A. (2020). Hubungan Hukum dan Pertanggung jawaban DSN dengan MUI dalam Operasional Lembaga Keuangan Syariah. Perspektif Hukum, 265-279.
Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, Vol. 1, No. 2.
Sari, W.N., Murtono & Ismaya, E.A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(11), 2255-2257.
Sudjana, N. 2009. Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 44-46.
DOI: https://doi.org/10.37058/bjpsis.v8i1.17073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
BIHARI is Indexed by
	BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH