PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLEX INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA

Eka Nursafitri, Alex Anis Ahmad, Oka Agus Kurniawan Shavab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan respons bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/ 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Experimental Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya yang terbagi menjadi 7 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa danĀ  XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa, sampel diambil dengan teknik sampling purposif. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 19 butir dengan 5 pilihan jawaban. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction sebesar 84,4 sedangkan kelas yang tidak menggunakan model tersebut sebesar 79,8. Hasil pengolahan data menggunakan Mann Whitney pada hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan respons bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/ 2020.


Keywords


model pembelajaran kooperatif; complex instruction; pembelajaran sejarah; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lefudin. 2017. Belajar Dan Pembelajaran: Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyarta: Deepublish.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Shavab, Oka Agus Kurniawan dan Miftahudin, Zulpi. 2019. Kontribusi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Buzz Group Materi Perang Dingin Pada Mata Kuliah Sejarah Kontemporer Eropa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Candrasangkala 5 (2) 14-23

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sustianah, Endri. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Metode Complex Instruction pada Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum Tulangan-Sidoarjo Surabaya. (Tesis). Uin Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori Dan Praktik. Yogyakrta: Ar-Ruzz Media Group.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 810 times
PDF - 347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: