IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI DAN KONSEP MASYARAKAT MADANI DALAM PEMBELAJARAN IPS

Itama Citra Dewi Kurnia Wahyu

Abstract


Penelitian ini berjudul Implementasi Pendidikan Nilai dan Konsep Masyarakat Madani dalam Pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi pendidikan nilai dan konsep masyarakat madani dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Globalisasi yang identik dengan modernitas membawa dampak negatif berupa degradasi moral generasi muda. Indikasi dari degradasi moral generasi muda seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, tidak kekerasan, pencurian dan lainnya membuat perlu adanya suatu perubahan.  IPS sebagai salah satu mata pelajaran pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat digunakan untuk mendidik moral generasi muda. Implementasi pendidikan nilai dan konsep masyarakat madani yang   mengedepankan sikap egaliterianisme, pemberian penghargaan kepada seseorang berdasarkan prestasi bukan berdasar rasa atau kesukuan, keterbukaan partisipasi seluruh anggota masyarakat, penegakan hukum dan keadilan, toleransi dan pluralisme, serta prinsip musyawarah dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembelajaran IPS.

Keywords


konsep masyarakat madani; pembelajaran IPS; pendidikan nilai

Full Text:

PDF

References


Masyarakat Madani. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius.

Birsyada, M. I. 2016. Dasar-dasar Pendidikan IPS. Yogyakarta: Ombak.

Creswell, John. W. 2016. Reserch Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Terjemahan Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dina Amaliah, dkk. 2018. Values of Piil Pesenggiri: Morality, Religiosity, Solidarity, and Tolerance. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Vol. 5 No. 5 hal. 179-184.

Fua, a. A. 2019. Aksi Heroik Seorang Tentara Bubarkan Tawuran Siswa STM Kendari. Diakses pada 1 Januari 2020 pada m.liputan6.com.

Hieronymus Purwanta. 2019. Hakekat Pendidikan Sejarah. Surakarta: UNS Press, Chers.

Leo Agung. 2011. Character Education Integration in Social Studies Learning. International Jornal of History Education. Vol. XII, No. 2 hal. 392-403.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Batam books.

Liputan6.com. 2019. Polisi Tangkap 3 Tersangka Bentrokan Mahasiswa di Medan Pelaku laninnya diburu. Diakses pada 1 Januari 2020 pada m.liputan6.com.

Muslich, M. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

NCSS. 1993. A Vision of Powerful Teaching and Learning in the Social Studies: Building Social Understanding and Civic Efficacy. Social Education Journal 57 No. 5, 213-223.

Novarlia, Irena. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Literasi Geografi dalam Upaya Membangun Kecerdasan Ruang Peserta Didik (Studi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumedang). Desertasi UPI bandung. Tidak diterbitkan.

Oemar, H. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Pieterse, J. N. 2004. Globalization and Culture Global Melange. United States of America: Rowman & Littlefield Publishers, INC.

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Sapriya. 2014. Pendidikan IPS Konsep dan Pembeajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, d. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Wawan Mas’udi. 1999. Masyarakat Madani Visi Etis Islam tentang Civil Society. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 3 No. 2 hal. 164-187.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


BIHARI is Indexed by

Indeks Google ScholarGaruda