PEMBELAJARAN SEJARAH YANG AKTIF, KREATIF DAN INOVATIF MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Sejarah yang Aktif, Kreatif, dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Mixed Methods. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menyebarkan kuesioner/angket terhadap mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Learning merupakan model Pembelajaran Sejarah Yang Aktif, Kreatif, dan Inovatif Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini dapat dilihat dari responden yang memilih model E-Learning sebagai media Pembelajaran Sejarah Yang Aktif, Kreatif, dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan jumlah 33 responden (68,8%) menyatakan bahwa mereka setuju penerapan E-Learning sudah efektif dalam pembelajaran sejarah. E-Learning sangat efektif dalam Pembelajaran Sejarah yang Aktif, Kreatif, dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan dan Kebudayan. (1982). Konsep CBSA dan Berbagai Strategi Belajar Mengajar. Program Akta VB modul 11 Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi.
Dewi Salma, Prawradilaga, dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Kencana.
Frelberg, H.J. and Driscoll, A. 1992 Universal Teaching Strategies. Boston: Allyn & Bacon.
Gerlach, V.S. & Ely, D.P. 1980. Teaching and Media A Systematic Karwati, E. 2014. The Influence of E-Learning Based on Information. Approach. New Jersey: Prentice-Hall.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Rohmawati, A. 2015. Usia Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sadiman Arief, dkk. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Schramm, Wilbut. 1978. Draft sampler of Distance Education. Hawaii: East-West Communication Institute.
Soekartawi. 2003. Prinsip Dasar E -learning: Teori dan Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Jurnal Teknodik Depdiknas Edisi No.12/VII/ Oktober/2003.
Yazdi, M., Matematika, D. J., & Tadulako, U. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. 2(1), 143–152.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BIHARI is Indexed by