PERKEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA KEPULAUAN SERIBU DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Debi Robi Yanti, Agus Subagio, Atief Arezal Fatah

Abstract


Indonesia memproklamasikan dirinya menjadi suatu negara yang merdeka, berdaulat dan mandiri dengan memiliki konsep diri yang jelas, yaitu Nusantara. Jika dilihat dari konsep dirinya, Indonesia secara defacto maupun dejure telah memerdekakan dirinya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas sekitar 5.219.270 km2. Diantara banyaknya pulau di Indonesia terdapat sebuah kepulauan kecil yang menarik untuk dijelajahi, yaitu Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu merupakan kawasan yang berada di pinggiran kota Jakarta, populasinya kurang lebih terdiri dari 1.000 kepala keluarga yang mendiami beberapa pulau. Meskipun lokasinya terpencil, sudah banyak pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu menyejahterakan ekonominya. Pemanfaatan pulau seribu sebagai destinasi flora dan fauna laut Indonesia yang alami memiliki dampak yang begitu besar terhadap kehidupan masyarakat kepulauan seribu. Efek domino selalu terjadi didalam sebuah perubahan besar, terlebih dalam perubahan taraf kehidupan yang didasari motif ekonomi, sosial serta lingkungan. Model pemanfaatan pariwisata berkelanjutan yang coba di adaptasi memberikan efek signifikan baik secara positif maupun negatif. Peralihan profesi menjadi salah satu indikator dari pengembangan sektor ekonomi, sehingga dari pariwisata tersebut memberikan dampak peningkatan kesejahteraan hidup. Seperti transportasi laut antar pulau, merupakan salah satu profesi yang di jalankan masyarakat pulau seribu.


Keywords


pariwisata; pemberdayaan masyarakat; Kepulauan Seribu; perkembangan ekonomi

Full Text:

PDF

References


Amanah, Siti. 2004 “Perencanaan Strategis Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu 01 Kelurahan Pulau Pang Gang Kecamatan Seribu Utara. Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi Dki Jakarta” Buletlin Ekonomi Perikanan Vol. V. No.2 Tahun 2004.

Aryunda, Hanny. 2011 “Dampak Ekonomi Pengembangan Kawasan Ekowisata Kepulauan Seribu” Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 22 No. 1, April 2011.

Lubis, Ruhut Mangaradja. 2012 “Pariwisata dan Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Kepulauan (Kasus: Pulau Pramuka Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu)”. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 23 No. 2.

Razak, Abdur, Suprihardjo Rimadewi. 2013 “Pengembangan Kawasan Pariwisata Terpadu di Kepulauan Seribu” Jurnal Teknik Pomits Vol. 2, No. 1.

Watloly, Aholiab. 2012 “Konsep Diri Masyarakat Kepulauan” Jurnal Filsafat Vol. 22, Nomor 2, Agustus 2012.


Article Metrics

Abstract view : 755 times
PDF - 1028 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: