PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH EROPA

Herdin Muhtarom, Dora Kurniasih

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui hasil dari pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode penelitian Mixed Methods. Proses mengumpulkan data penelitian dengan menyebarkan isi kuesioner/angket terhadap mahasiswa pendidikan sejarah. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa para responden setuju dengan penerapan model pembelajaran abad 21 terhadap pembelajaran sejarah Eropa sudah efektif dalam pembelajaran, selain itu responden menyatakan lebih menyukai jenis model pembelajaran Small Group Discusision (SGD). Dan sebanyak 41 responden yang mengisi kuesioner ini,  terdapat 39 responden (95%)  lebih menyukai media pembelajaran sejarah Eropa dengan menggunakan jenis media Audio-Visual.


Keywords


Model Pembelajaran Abad 21, Sejarah Eropa

Full Text:

PDF

References


Baroya, E. P. I. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21 - Lpmp Jogja. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. DI Yogyakarta, I (01), 101–115.

Jenderal, D., & Dan, P. (n.d.). Bentuk Dan Metode

Nurhayati, A. S. (2016). Peran Media Jejaring Sosial Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 1–9 (November), 632–641.

Sains, S. N., & Pendidikan, H. D. A. N. (2018). Universitas Quality. I(November), 1276–1283.

Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University.


Article Metrics

Abstract view : 533 times
PDF - 8178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: