Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah

Satrio Ardian, Wulan Kisty Hasanah, Fairuz Imtinan Rana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana pemanfaatan aplikasi Microsoft sway dan Microsoft form pada pembelajaran sejarah dan bagaimana membuat media interaktif untuk pembelajaran  sejarah yang dapat diakses menggunakan link. Saat ini salah satu kendala dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi ini yaitu media pembelajaran online yang digunakan kurang menarik sehingga siswa kurang tertarik untuk menggunakan media pembelajaran yang dibuat oleh guru, siswa harus mendownload aplikasi untuk dapat mengakses media yang dikirim serta siswa harus memiliki alat komunikasi dengan spesifikasi handphone yang tinggi untuk dapat membuka media pembelajaran yang dikirim oleh guru. Dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft sway dan Microsoft form siswa dapat dengan mudah membuka media pembelajaran sejarah dengan hanya mengeklik link yang dikirim oleh guru serta guru dapat menggunakan aplikasi Microsoft sway untuk menambahkan media berupa teks, audio, video, animasi, kuis di dalam satu link. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Microsoft Office 365 memiliki fitur diantaranya Microsoft sway dan Microsoft form. Dengan menggunakan Microsoft sway dan microsoft form tersebut guru dapat membuat media interaktif pada pembelajaran sejarah yang kreatif tanpa harus mendownload aplikasi khusus karena Microsoft sway dan Microsoft form dapat di akses melalui web dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari Google drive sehingga tidak perlu khawatir apabila menggunakan media video.


Keywords


Microsoft Form; Microsoft Sway; Media Interaktif

Full Text:

PDF

References


Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., dan Paujiah, E. 2020. Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2011.04.029

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1),99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jambi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Hlm. 214 – 224.

Sudarmoyo. 2018. Pemanfaatan A Plikasi Sway Untuk Media Pembelajaran. Semarang. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Hlm. 346-352.

Warsita, B. 2002. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiana, W., 2017, Application Design Of Interactive Multimedia Development Based Motion

Graphic On Making Fashion Design Learning In Digital Format, International Journal Of

Scientific & Technology Research. Hal. 102-108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: