PEMANFAATAN SITUS PURA PATIRTAN GIRI KAWI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS FIELD VISIT TECHNIQUE

Wahyu Djoko Sulistyo, Riki Pratama

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran sejarah yang sering dilaksanakan didalam kelas membuat siswa terbatas dalam hal sumber serta kurangnya pembelajaran secara langsung dilingkungan. Permasalahan tersebut memunculkan inovasi pembelajaran diluar kelas. Pemanfaatan sumber sejarah diluar kelas yang jarang dilakukan oleh guru dengan alasan keterbatasan mengejar jam pelajaran serta pertimbangan waktu dan biaya. Situasi yang diperparah dengan kurangnya pemanfaatan situs khususnya situs sejarah lokal yang seharusnya dapat memperkaya pengayaan materi sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah. Dalam artikel ini dijelaskan terkait pemanfaatan Situs Pura Patirtan Giri Kawi di Kabupaten Malang sebagai pembelajaan sejarah diluar kelas. Pembelajaran tersebut nantinya diaplikasikan dengan menggunakan Field Visit Technique. Artikel ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan menggunakann metode analisis deskriptif.


Keywords


Kabupaten Malang, Pura Patirtan Giri Kawi, Field-Visit Technique, Pembelajaran Sejarah.

Full Text:

PDF

References


Hardiana, Yanyan. 2017. “Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa-peristiwa Lokal di Tasikmalaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah 1 (1): 41. https://doi.org/10.17509/historia.v1i1.7008.

Indriyani, Mamik. 2013. “Situs Tanah Wulan Di Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso: Historisitas Dan Pemanfaatannya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah.”

Johnson, David W., and Roger T. Johnson. 1990. “Cooperative Learning and Achievement.” In Cooperative Learning: Theory and Research, 23–37. New York, NY, England: Praeger Publishers.

———. 1999. “Making Cooperative Learning Work.” Theory Into Practice 38 (2): 67–73. https://doi.org/10.1080/00405849909543834.

Melinda, Neri. n.d. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Kunjungan Lapangan (Field-Visit Technique) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 154 Kota Pekanbaru,” 89.

Millis, Barbara J., and Philip G. Cottell Jr. 1997. Cooperative Learning for Higher Education Faculty. Series on Higher Education. ERIC.

Mulyadi, Lalu, Ida Bagus Suwardika, and I. Wayan Mudra. 2018. Pola Spasial Permukiman Hindu Di Dusun Sawun Dan Jenglong Desa Sukodadi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. CV. Dream Litera Buana.

Pakaya, Yusni. 2008. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Sejarah” 5: 8.

Havrylov, Serhii, Germán Kruszewski, and Armand Joulin. 2019. “Cooperative Learning of Disjoint Syntax and Semantics.” ArXiv Preprint ArXiv:1902.09393.

Padgett, Deborah K. 2016. Qualitative Methods in Social Work Research. Vol. 36. Sage publications.

Patton, Michael Quinn. 1990. Qualitative Evaluation and Research Methods. SAGE Publications, inc.

Ritonga, Dewi Safitri. 2012. “Pengaruh Teknik Kunjungan Lapangan Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Ajaran 2012/2013.” Basastra 2 (3).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rokhim, Mohammad Abdul, Eva Banowati, and Dewi Liesnoor Setyowati. 2017. “Pemanfaatan Situs Masjid Agung Demak Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa SMA Di Kabupaten Demak.” Journal of Educational Social Studies 6 (2): 111–119.

Santhyasa, I Komang Gede. 2017. “Kosmologi Tata Ruang Permukiman Tradisional.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan 17 (2): 1–10. https://doi.org/10.32795/ds.v17i02.83.

Sayono, Joko. 2015. “Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis.” Jurnal Sejarah Dan Budaya 7 (1): 9–17.

Sharan, Shlomo. 1990. Cooperative Learning: Theory and Research. Praeger New York.

Slavin, Robert E. 1991. “Synthesis of Research of Cooperative Learning.” Educational Leadership 48 (5): 71–82.

Sulistyo, Wahyu Djoko. 2019. “Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial Di Kota Batu Sebagai Sumber Pembelajaran Berbasis Outdoor Learning.” Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) 1 (2): 124–135. Sumber Online (https://www.inovasidesamalangkab.com)

Tambak, Syahraini. 2014. “Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tarbiyah 21 (2).

Wulandari, Ria. 2020. “Metode Kunjungan Lapangan untuk Menanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 5 (1): 67–80.

https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.90.

Zed, Mestika. 2004. Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: