IMPLEMENTASI MEDIA VIRTUAL TOUR BERBANTUAN E-HANDOUT PADA PEMBELAJARAN SEAJARAH DI KELAS XI MIPA 6 SMAN 2 TASIKMALAYA

Reza Hikmawan, Yulia Sofiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media virtual tour berbantuan e-handout pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Sub Materi Perumusan dan Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tahun 1945 di kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Tasikmalaya. Penelitian dilakukan pada masa pandemi, bertepatan dengan Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021, sehingga menggunakan sistem daring (on line). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan memanfaatkan catatan lapangan sebagai instrumennya.  Data dianalisis dengan model Miles and Huberman, sedangkan uji kredibilitas dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan, bahwa guru melakukan persiapan sebelum pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan sintaks virtual tour berbantuan e-handout dan berjalan secara lancar. Dengan berbagai kelebihan dan beberapa kekurangan, media virtual tour berbantuan e-handout direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Media virtual tour, E-handout, Pembelajaran sejarah


Keywords


Media Pembelajaran; Virtual Media

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. (2016). Pengantar pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Angkowo, R. & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran (Cetakan ke-15). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chotimah, C. & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran (Dari Teori, Metode, Model, Media, hingga Evaluasi Pembelajaran). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Connole, H. C., Smith, B.& Wiseman, R. (1993). Research Methodology 1: Issues and Methods in Research. Geelong: Faculty of Education Deakin University

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: Jejak.

Hardini, I. & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Herlina, D. (2019). Literasi Media: Teori dan Fasilitas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Irham, M. & Wiyani, N.A. (2020). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ivan, M. (2020). “Setelah Membaca, Lalu Apa? (Studi Filosofis dan Praksis Pengajaran Literasi dalam Dunia Pendidikan)†dalam Inovasi Pustakawan menuju Indonesia Maju. Jakarta: Pepusnas Press.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manab, A. (2015). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.

Nisya, F.A. (2019). “Pemanfaatan Kegiatan Literasi sebagai Salah Satu Cara Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Tasikmalaya pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tahun 1945 Semester Genap Tahun Ajaran 2018/ 2019â€. Skripsi di Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Siliwangi.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nurdyansyah. & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Palupi, A.N., Widiastuti, D.E, Hidhayah, F.N., Utami, F.D.W., & Wina, P.R. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen. (2018). Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Simanihuruk, L., Simamarta, J., Sudirman, A., Hasibuan, M.S., Safitri, M., Sulaiman, O.K. et al. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Simarmata, J. (2018). “Teknologi Sinkronus dan Asinkronus untuk Pembelajaran†dalam Teknologi dan aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Denpasar: Jayapangus Press.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syarifudin, A.S. “Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing†dalam Metalingua, 5 (1)/ 2020.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tresnawati, T. (2019). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: Sarana Ilmu Pustaka.

Yukaristia. (2019). Literasi: Solusi Terbaik untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia. Sukabumi: Jejak.

Taufiqurrohman, T. & Sumbawati, M. “Penerapan Media Virtual Tour dengan Google Expedition dalam Pembelajaran Project Based Learning di SMK Negeri 10 Surabaya†dalam IT-Edu: Journal Information Technology and Education. 5 (1), 247-253. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37483

Thomas, D.G., Sompie, S.R.U.A, & Sugiarso, B.A. “Virtual Tour sebagai Media Informasi Interaktif Penginapan di Kepulauan Bunaken†dalam E-Journal Teknik Informatika 13 (1), 14-22. DOI: 10.35793/jti.13.1.2018.20188.

Wibowo, T.U.S.H., Maryuni, Y., Nurhasanah, A., & Wildianti, D. “Pemanfaatan Virtual Tour Museum (VTM) dalam Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19†dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3 (1), 402-408. Diakses dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9960


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


BIHARI is Indexed by

Indeks Google ScholarGaruda