Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Cikijing melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah

Edi Hernadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar siswa kelas XII IPS 1 melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis masalah dalam pelajaran Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan tes. Sedangkan untuk menganalisis data dari lembar observasi, hasil angket dan tes prestasi belajar siswa digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis masalah dalam matpel Sejarah dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XII IPS 1. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil angket minat belajar siswa, pada siklus I siswa yang memiliki minat belajar kategori tinggi sebanyak 18 siswa atau sekitar 66,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa atau sekitar 77,77%. (2) Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis masalah pada mata pelajaran Sejarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII IPS 1. Hal ini ditunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 76,48, sebanyak 18 siswa atau sekitar 66,67% sudah berhasil memperoleh nilai ≥ 75 dan dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 82,22, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 25 siswa atau sekitar 92,59% sudah berhasil memperoleh nilai ≥ 75.

Kata Kunci: Minat dan prestasi belajar sejarah, pembelajaran kontekstual berbasis masalah


Keywords


Minat dan prestasi belajar sejarah, pembelajaran kontekstual berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2011). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali dan Muljono, P. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

E. Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (1994). Kurukulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haris Mudjiman. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Johnson, B Elaine. (2009). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Kasmadi, Hartono. (2001). Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima Nugraha Pratama.

Muslim Ibrahim. (2006). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tulus, Tu’u. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


BIHARI is Indexed by

Indeks Google ScholarGaruda