Penggunaan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Berbasis Model HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Daring di LMS (Learning Management System) Onlineclass UMP Matakuliah Sejarah Australia dan Oseania

Ipong Jazimah, Sumiyatun Septianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran project based learning pada matakuliah Sejarah Australia dan Oseania (2) Bagaimana penerapan ranah kognitif HOTS (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) pada project based learning matakuliah Sejarah Australia dan Oseania (3) Apa saja produk pembelajaran yang dihasilkan dengan metode pembelajaran project based learning pada matakuliah Sejarah Australia dan Oseania?. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri atas dokumen dan informan. Dokumen berupa buku, majalah, dan jurnal. Pengambilan data ditempuh dengan mencatat dokumen, observasi, dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan cara trianggulasi data. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa 1) Model pembelajaran project based learning efektif digunakan untuk pembelajaran 2) Kognitif HOTS bisa lebih tereksplorasi dengan metode project based learning 3) Produk pembelajaran dari project based learning adalah video, peta konsep, dan peta bergambar.

Kata kunci : HOTS, Pembelajaran daring, Project based learning

This study aims to reveal (1) how to use project-based learning methods in the Australian and Oceanian History course (2) how to apply the HOTS cognitive domain (analyze, evaluate, create) in project-based learning Australian and Oceanian History courses (3) What are the learning products produced by the project-based learning method in the Australian and Oceanian History course. This study uses a qualitative approach. Data sources consist of documents and informants. Documents in the form of books, magazines, and journals. Data collection was taken by recording documents, observations, and interviews. The validity of the data is done by data triangulation. Data analysis used interactive analysis with three stages of analysis, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This research concludes that 1) the Project-based learning model is effectively used for learning 2) HOTS cognitive can be explored more with project-based learning method 3) Learning products from project-based learning are videos, concept maps, and picture maps.


Keywords: HOTS, Pembelajaran daring, Project-based learning


Keywords


HOTS, Pembelajaran daring, Project based learning

Full Text:

PDF

References


Ai Sri Nurhayati dan Dwi Harianti. Model Pembelajaran Project Based Learning (MPPBL) dari website sibatik.kemdikbud.go.id diakses Rabu, 21 Oktober 2020 jam 11.11 WIB.

Ciri-ciri soal HOTS dari website https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/ciriciri-soal-hots diakses Rabu, 21 Oktober 2020 jam 15.16 WIB.

Hamzah B. Uno. 2010. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hany Nurpratiwi, Hermanu Joebagio, dan Nunuk Suryani. Model Project Based Learning untuk meningkatkan Ketrampilan Menulis Sejarah Wanita pada Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Jurnal Sejarah Dan Budaya. Tahun Kesebelas Nomor 1 Juni 2017.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurbaety Agustina Dewi Ratnasari & Murdiyah Winarti yang berjudul Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Imajinasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah Vol 9 No 1 Tahun 2020.

Pembelajaran Jarak Jauh bukan Pembelajaran Daring dari website https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/16/200131471/ diakses Rabu, 21 Oktober 2020 jam 10.33 WIB.

Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus dari Website Resmi WHO https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public diakses Rabu, 21 Oktober 2020 jam 09.32 WIB

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Upaya dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Menangani Pandemi Covid-19 dari website https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/upaya-dan-kebijakan-pemerintah-indonesia-menangani-pandemi-covid-19 diakses Rabu, 21 Oktober 2020 jam 10.15 WIB

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: