Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial dengan Menggunakan Media Poster

Iloh Tusilah

Abstract


Dalam proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran tidak kalah pentingnya dalam membentuk hasil dari tujuan proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Mengidentifikasi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial adalah dengan menggunakan media poster. Media poster dalam hal ini penulis persamakan dengan gambar ilustrasi fotografi yaitu gambar yang diproyeksikan, terdapat dimana-mana, baik dilingkungan anak-anak maupun dilingkungan orang dewasa, mudah diperoleh dan ditunjukkan kepada anak-anak. Poster pada umumnya menarik perhatian. Oleh karena itu, poster dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan mempunyai nilai-nilai pendidikan bagi anak, dan memungkinkan belajar secara efisien.Begitu juga dalam penelitian ini penulis mempunyai maksud dan tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Paseh Kabupaten Sumedang dengan menggunkan media poster. (2) Mendeskripsikan dapat tidaknya penggunaan media poster dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Paseh Kabupaten Sumedang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mengidentifikasi Konflik, Integrasi Kehidupan Sosial, Poster


In the teaching and learning process using learning media is no less important in shaping the results of the learning process objectives. One of the efforts that can be done to improve the ability to identify conflicts and integration in social life is to use poster media. Poster media in this case the author equates with photographic illustration images, namely projected images, found everywhere, both in the children's environment and in the adult environment, easy to obtain and show to children. Posters generally attract attention. Therefore, posters can be used as learning media and have educational values for children, and enable efficient learning. Likewise in this study, the authors have the aims and objectives, namely: (1) Describe the ability to identify conflict and integration in students' social life class VIII A SMP Negeri 1 Paseh Sumedang Regency using poster media. (2) Describe whether or not the use of poster media can improve the ability to identify conflict and integration in the social life of class VIII A students of SMP Negeri 1 Paseh, Sumedang Regency.


Keywords: Learning Media, Identifying Conflict Integration in Social Life, Poster


Keywords


Media Pembelajaran, Mengidentifikasi Konflik, Integrasi Kehidupan Sosial, Poster

Full Text:

PDF

References


Ardian Zul Afdi & Roestandi Achmad. 1984. Tata Negara. Bandung: Armico.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitisan Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2006. Kurikulurn Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful, B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erman, S. Ar. 2001. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: UPI.

Gintings, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.Hanafiah,

Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Prasada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


BIHARI is Indexed by

Indeks Google ScholarGaruda