Kopi Godog Sebagai Kearifan Lokal dalam Tradisi Mupunjung Situs Lengkong Desa Sukadana Kabupaten Ciamis

Ahmad Rizky Fauzi, Yudi Fauzian

Abstract


Dalam Tradisi Mupunjung di Situs Lengkong, Kecamatan Sukadanam, Kabupaten Ciamis selalu dihidangkan kuliner khas yaitu Kopi Godog atau Kopi Golondong. Penyajian Kopi Godog terbilang unik karena memiliki ciri khas dari cara memasaknya serta biji kopinya yang dibiarkan utuh tanpa ditumbuk. Hal tersebut menjadi kajian yang menarik bagi penulis untuk meneliti kearifan lokal kopi godog dalam tradisi Mupunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen pendukung berupa foto dan laporan penelitian dengan subyek penelitian yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa Mupunjung adalah tradisi tahunan di bulan Ruwah sebagai bentuk doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam Mupunjung Situs Lengkong, Kecamatan Sukadana memiliki ciri khas yaitu adanya Kopi Godog atau Kopi Golondong dengna rasa dan ciri khas tersendiri. Adapun nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam mupunjung yaitu, nilai religi, nilai gotong royong, nilai sejarah, nilai budaya, nilai seni, nilai Pendidikan dan nilai etika atau moral.


Keywords


Kearifan Lokal, Kopi Godog, Mupunjung,

References


Asyari, M. M., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Apitan Masyarakat Singocandi Kudus. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1),34-40. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5764

Coomans, Mikhail. 1987. Manusia Daya Dahulu, Sekarang, Masa Depan. Jakarta : PT Gramedia.

Darwis, Riadi. 2020. Khazanah Kuliner Kabuyutan Galuh Klasik (Seri Gastronomi Tradisional Sunda.Bandung: UPI Press

Febriliyani, Y. R. 2016. Pengaruh Teknik Penyeduhan dan Ukuran Partikel Kopi Bubuk Terhadap Atribut Sensori Seduhan Kopi Robusta Dampit Menggunakan Metode Rate-All-That-Apply (RATA). Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Hidayatuloh, S., 2019. NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL UPACARA ADAT. Patanjala, 11(1), pp. 97-113.

Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta. Djambata

_____________. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta

Kusmintayu, N., 2014. Upacara Tradisional Sedekah Laut Di Kabupaten Cilacap.Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Lexy J. Moleong, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Rahman, A.2016. Perubahan Budaya Bergotong Royong Masyarakat di Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu. Sosiatri-Sosiologi. 4(1)

Rifa`I, M. K. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural Dalam Membentuk Insan Kamil. UIN Sunan Ampel: Journal of Islamic Education Vol. 4 No. 1 Hal. 116-133

Spillane J.J,1987,Pariwisata Indonesia Sejarah dan Prospeknya, Yogyakarta: Kanisius

Siti Marliah.Kearifan Lokal: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Hingga Jenisnya.2021. https://www.gramedia.com/literasi/kearifan-lokal/#:~:text=Jenis%2DJenis%20Kearifan%20Lokal,-Sumber%3A%20pexels.com&text=Kearifan%20lokal%20bukan%20hanya%20memiliki,atau%20yang%20biasa%20disebut%20intangible.

Rosidi, A. 2011. Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Sunda. Bandung: Print Book.

Subadi, M. Dr. Tjipto, 2006. Metode Penelitian Kualitatif. 1 toim. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Suparlan. Dr. Parsudi 1992. Manusia, Kebudayaan dan Lingkungannya, Penerbit Raja Grafindo

Tylor, Edward. 1924. Primitive Culture: Research into the Development of Mythology, Phylosophy, Religion, Language, Art and Costom. Boston: Este & Lauriat.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan

Widja, I Gde.1989.Pengantar Ilmu Sejarah dalam Perspektif Pendidikan.Semarang: Satya Wacana

(Penulis Tidak Tercantum ). Awal Mula Kopi di Indonesia.2022. https://www.nescafe.com/id/artikel/sejarah-dan-ragam-jenis-kopi-di-indonesia#:~:text=Seperti%20sejarah%20pada%20umumnya%2C%20sejarah,sebuah%20daerah%20agrikultur%20dekat%20Batavia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: