Penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang (1942- 1945)

Sekar Arum Ambiya, Iyus Jasyusman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui tujuan pendidikan
pada masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942- 1945), 2) mengetahui
perbandingan pendidikan pada masa pendudukan Belanda dan pada masa
pendudukan Jepang di Indonesia, 3) mengetahui kemerosotan pendidikan
pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yang terdiri dari
pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, serta
penulisan dengan menggunakan sumber data sekunder. Hasil dari
penelitian ini: 1) Sistem pendidikan pada periode 1942- 1945 lebih
mengarah pada Pendidikan militer, karena dimaksudkan untuk memenuhi
kepentingan tenaga kerja dan prajurit dalam Perang Asia Timur Raya, 2)
Selain itu sekolah juga diintegrasikan menjadi sejenis. Hal- hal tersebut
membuat banyak siswa yang memilih untuk putus sekolah serta terjadi
penurunan jumlah siswa di sekolah dasar yang turun sampai 30% dan di
sekolah menengah turun sampai 90%. Perbandingan pendidikan antara
Belanda dan Jepang dapat terlihat diantaranya tidak adanya diskriminasi
berdasarkan status sosial di sekolah seperti masa Belanda dulu, Jepang
mengintegrasikan sekolah-sekolah menjadi negeri, pada masa Belanda
bahasa pengantar menggunakan bahasa Belanda dan pada masa Jepang
bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar di berbagai
sekolah, pada masa Belanda sekolah meningkat sedangkan pada masa
Jepang sekolah mengalami penurunan.


Keywords


pendidikan, sekolah, pendudukan Jepang

Full Text:

PDF

References


Abbas, A. (2018). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Jepang. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Studi Islam, 4(1), 64–70.

Aslan, & Hifza. (2017). Edukasia Islamika. Edukasia Islamika, 4(2), 171–188.

Hasnida. (2017). Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Masa Pra Kolonialisme Dan Masa Kolonialisme (Belanda, Jepang, Sekutu). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 237–256.

Irawan, H., & Yuliato, E. (2019). Pendidikan Di Pulau Jawa Pada Masa Pendudukan Jepang. Alur Sejarah: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1).

Kuntowijoyo. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Tiara Wacana.

Makmur, D., Haryono, P. S., Musa, S., & S, H. (1993). Sejarah Pendidikan Di Indonesia Zaman penjajahan. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Poesponegoro, M., & Notosusanto, N. (2008). Sejarah Nasional Indonesia VI. Balai Pustaka.

Prayudi, G., & Salindri, D. (2015). Pendidikan Pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda Di Surabaya Tahun 1901-1942 (Education on Dutch Government in Surabaya At 1901-1942). Publika

Budaya, 3(1), 20–34. https://core.ac.uk/download/pdf/290559825.pdf

Salindri, D. (2015). Peranan Guru Pada Masa Kolonial Belanda. HISTORIA, 9(1).

Syaharuddin, & Susanto, H. (2019). Sejarah Pendidikan Indonesia. In Program Studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (Vol. 53, Issue 9).

Untung, S. (2013). Kebijakan Penguasa Kolonial Belanda Terhadap Pendidikan Pesantren. Edukasia Islamika, 11(1).

Wahyudi, A. (2017). Perbandingan Sistem Pendidikan Di Indonesia Padamasa Kolonial Belanda (1900-1942) Dengan Masa Pendudukan Jepang (1942-1945). In Skripsi, Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: