Edukasi Budaya Pada Generasi Muda Untuk Peningkatan Nilai Ekonomi: Studi Pada Karang Taruna AMMI

Bikorin Bikorin, Auliya Nurmalasari, Idam Wahyudi, Yoshua Ronaldo Primortono

Abstract


Budaya  dan  kesenian  adalah  aset  Bangsa  Indonesia  yang  tidak  ternilai  harganya.  Kewajiban  kita sebagai warga negara adalah turut melestarikannya.  Program  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  bertujuan  memberikan  pemahaman  dan  pemanfaatan  budaya  serta  kesenian,  khususnya  bagi  generasi  muda.  Karang  Taruna  Angkatan  Muda  Mudi  Minggiran  Imogiri  (AMMI) dikumpulkan  untuk  mendapatkan  edukasi  mengenai  budaya.  Penyampaian  materi  dengan  teknik  ceramah  serta  dilaksanakan  dengan  lesehan,  dilanjut  dengan  sesi  Focus  Group  Discussion  (FGD). Harapannya  semakin  banyak  generasi  muda  yang  peduli  dan  mempunyai  rasa  handarbeni  terhadap  warisan  luhur  bangsa  ini.

Keywords


edukasi, manfaat, budaya, kesenian, generasi muda, karang taruna, AMMI

Full Text:

PDF

References


Adriani, K. dkk. (2023), “Peranan Generasi Z Dalam Melestarikan Budaya Dan Lingkungan Pada Era Globalisasi Demi Mewujudkan Indonesia Emas”, … Pekan Ilmiah Pelajar …, pp. 151–155.

Artisna, P., Naswa, F. and Rohmah, M. (2022), “Respon Generasi Milenial Indonesia Di Tengah Masuknya Budaya Asing”, Universitas Negeri Surabaya 2022 |, Vol. 695, pp. 695–705.

Christabelle Hambalie, H. et al. (2018), “Gambaran Nilai Budaya Antara Generasi Tua Dan Generasi Muda Pada Masyarakat Tionghoa Beragama Konghucu”, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, Vol. 2 No. 1, pp. 369–377.

Dhaehasti Agustina Saputri, Novia Budi Lestari and Rolika Firinanda. (2023), “Representasi Image Anak Muda Dalam Budaya Ngopi”, TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, Vol. 1 No. 2, pp. 122–135, doi: 10.47861/tuturan.v1i2.162.

Humas DIY. (2023), “BPKCB Poros Mataram Hadir Memajukan Kebudayaan DIY”, available at: https://jogjaprov.go.id/berita/bpkcb-poros-mataram-hadir-memajukan-kebudayaan-diy.

Indonesia.go.id. (2017), “Suku Bangsa”, available at: https://indonesia.go.id/profil/suku-bangsa/kebudayaan/suku-bangsa.

Indonesia.go.id. (2023), “17.001 Pulau di Indonesia, Tersebar di Mana Saja?”, available at: https://indonesia.go.id/mediapublik/detail/2080.

Intani, R. (2019), “Generasi Muda Dan Seni Tradisi (Studi Kasus di Kawasan Cisaranten Wetan, Bandung)”, JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), Vol. 4 No. 1, pp. 55–73.

KBBI. (n.d.). “Budaya”, available at: https://kbbi.web.id/budaya (accessed 18 July 2024).

Sanjaya, P. (2022), “Peran Generasi Muda Sebagai Agent Of Change Guna Membangun Kearifan Budaya Lokal Dalam Ajaran Tri Hita Karana”, Jurnal Penelitian Agama Hindu, Vol. 9843 No. 1, pp. 186–195.

Sumarto, S. (2019), “Budaya, Pemahaman dan Penerapannya”, Jurnal Literasiologi, Vol. 1 No. 2, p. 16, doi: 10.47783/literasiologi.v1i2.49.

Yoga Agustin, D.S. (2011), “Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi”, Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 4 No. 2, pp. 177–185, doi: 10.12962/j24433527.v4i2.632.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bikorin Bikorin

DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Ruang Jurnal Lantai 1

Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115

 

Creative Commons License
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.