Coaching on the Spot: Pendampingan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Provinsi Jawa Tengah dalam Peningkatan Proses Produksi dan Pemasaran

Alfin Nur Fahmi Mufreni, Indi Ramadhani, Rubi'ah Sugiarti, Rani Nurnawati

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas, kemandirian, dan daya saing Kelompok Usaha Bersama (KUB) melalui metode Coaching on the Spot (CotS). Metode ini diterapkan dengan pendekatan langsung ke lokasi mitra, memungkinkan tim yang terdiri dari akademisi dan praktisi untuk secara aktif mengidentifikasi permasalahan nyata yang dihadapi oleh KUB. Permasalahan yang diangkat meliputi aspek produksi dan pemasaran yang kurang optimal. Melalui interaksi intensif, diskusi kelompok, dan praktik lapangan, anggota KUB memperoleh pemahaman baru dan keterampilan teknis yang dapat langsung diterapkan dalam aktivitas usaha mereka. Kegiatan ini juga mendorong terciptanya kolaborasi berkelanjutan antara akademisi dan masyarakat, sehingga proses pendampingan tidak berhenti pada transfer pengetahuan, tetapi juga memperkuat sistem pembelajaran partisipatif di tingkat komunitas. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan anggota KUB dalam mengelola proses produksi serta merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Pendekatan CotS terbukti efektif dalam mempercepat proses pemecahan masalah dan memperkuat fondasi usaha mikro berbasis komunitas secara berkelanjutan.


Keywords


coaching on the spot; kelompok usaha bersama; kemasan; IKM; UMKM

Full Text:

PDF

References


Ariska, D. (2023). Pengembangan Industri Baru Terhadap Perekonomian Masyarakat. Calory Journal : Medical Laboratory Journal, 1(4), 160–173. https://doi.org/10.57213/caloryjournal.v1i4.140

Budijati, S. M., Astuti, F. H., & Jatiningrum, W. S. (2022). Pendampingan Implementasi Strategi Bisnis UPJ Kunir Jalak SMK Muhammadiyah 1 Moyudan untuk Peningkatan Daya Saing.

Dwicahyani, A. R., & Muttaqin, B. I. A. (2020). Peningkatan Produktivitas IKM melalui Perbaikan Keseimbangan Lintasan Produksi (Studi Kasus: IKM Mebel di Solo). Jurnal SENOPATI, 2(1), 51–57.

Dzikrullah, A. A., & Chasanah, U. (2024). Optimalisasi Peran Koperasi dalam Mendukung UMKM: Meningkatkan Akses Modal, Penguasaan Teknologi, dan Ekspansi Pasar. Jurnal Investasi Islam, 5(1), 648–668.

Hendrayati, Y., & Manihuruk, H. (2020). Redesain Kemasan dalam Meningkatkan Brand Awareness Produk Unggulan UKM Cilodong Berkarya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 212–220.

Husda, N. E. (2019). Pembimbingan Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Usaha Batu Bata di Kota Batam. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(3), 14–20. https://doi.org/10.33884/jpb.v1i3.1365

Irawan, A., Umam, A., & As’ad, M. (2021). Kegiatan Pendampingan dalam Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik dalam Masa Pandemi Covid-19. Procedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, November (XLI) I, 35–44.

Juminawati, S., & Harsono, I. (2024). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Strategi Pemasaran terhadap Daya Saing UKM di Pasar Lokal: Studi pada Industri Kreatif di Bandung, Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 3(01), 1–10.

Julyantari, N. K. S., Purnama, I. G. A. V., Bagiarta, I. G. N. N., Pertama, P. P. G. P., & Liandana, M. (2021). Implementasi Website untuk Media Pemasaran Online dan Perbaikan Kemasan Produk. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.134

Panjaitan, A., Silalahi, R. V., & Putra, F. P. (2020). Perbaikan Proses Produksi dan Kualitas Produk Kembang Goyang di UMKM Ibu Supiyah. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 229–236. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.956

Prasetyo, R. (2020). Peran Pemerintah Daerah dalam Akselerasi Transformasi Digital Industri Kecil dan Menengah. IPTEK-KOM, 22(1), 59–75. https://doi.org/10.33164/iptekkom.22.1.2020.59-75

Purnavita, S., Yoseph Sriyana, H., & Widiastuti, T. (2018). Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 88–97. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Rastuti, U., Purwanto, Yunanto, A., Sutarmin, Fajriyah, B. S. R., Alriski, M. F. N., Saputra, D., & Safitri, F. I. (2024). Pelatihan Manajemen dan Hibah Alat Huller sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas dan Kapasitas Greenbean pada KUB Lulumpang Kec. Salem Kab. Brebes. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(10), 4295–4300.

Reza, M., Rohayati, Y., & Wulandari, S. (2015). Perbaikan Proses Bisnis Pada Usaha Kecil Menengah Nutrity Menggunakan Metode Business Process Improvement. EProceedings of Engineering, 2(2), 4361–4366. http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/1868

Sarwoto, S., Wahyudi, L., Suyono, J., Risgiyanti, R., & Sarjiyanto, S. (2021). Pemberdayaan Pelaku Usaha Kuliner Melalui Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Karanganyar. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i2.778

Setiawan, H., Kurniawan, B., Mutaqin, A. I. S., & Ferdinant, P. F. (2022). Identifikasi kebutuhan dan peluang pengembangan teknologi pada industri kecil menengah. Journal of Systems Engineering and Management, 1(1), 1. https://doi.org/10.36055/joseam.v1i1.17483

Sinuhaji, T. N. R., & Ibrahim, H. (2024). Tantangan Pengembangan Jaringan Pasokan Global Bagi Usaha Kecil, Mikro Dan Menengah (UMKM). Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 227–232. https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i2.1826

Subarjo, A. H., Hermawan S., D., Nugroho, F., Sudarmanto, S., Mulyani, S., & Gunawan, G. (2023). Pengenalan Pentingnya dan Manfaat Standar Operasional Prosedur bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Makanan Ringan Secara Online. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(02), 122–129. https://doi.org/10.36456/penamas.vol6.no02.a6570

Sundari, A. S., Jwalita, Y. H., Rimantho, D., & Hidayah, N. Y. (2021). Strategi Perbaikan Produksi Kemeja di UMKM Konveksi. Universitas Sahid Jakarta, 3(1), 18–27.

Suparmanto, N., Fitrihana, N., & Grahita Prisca Brilianti, dan. (2025). Analisis Pemenuhan TKDN Produk Pada Industri Kreatif Sektor Fesyen, Kuliner, dan Kerajinan DI Yogyakarta. Manajemen IKM, 20(1), 45–54. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/

Syamsuadi, A., Hartati, S., Trisnawati, L., & Arisandi, D. (2020). Strategi Kebijakan Pengembangan Sagu Berbasis Sentra Industri Kecil Menengah (IKM). Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 114. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i2.6666

Wibowati, J. I., & Nasrullah. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Usaha Kerajinan Tangan (Handicraft) di Sentra Produksi Rumah Tangga Kota Palembang. Ekonomia, 11(2), 9–19. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/STIE-JE

Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat “Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas” (U. S. Hidayatun, Ed.; 1st ed.). Yayasan Putra Adi Dharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alfin Nur Fahmi Mufreni, Indi Ramadhani, Rubi'ah Sugiarti, Rani Nurnawati

DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Ruang Jurnal Lantai 1

Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115

 

Creative Commons License
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.