Pelatihan Digital marketing dan Pembuatan Konten untuk UMKM di Kabupaten Ciamis
Abstract
Pengunaan internet yang semakin pesat di masyarakat telah memengaruhi berbagai sisi kehidupan, tidak terkecuali sektor bisnis. Salah satu pemanfaatan internet dalam bisnis adalah penggunaan digital marketing. Digital marketing menjadi metode yang paling sesuai dengan perubahan masyarakat yang semakin terkoneksi dan bergantung dengan lingkaran sosialnya untuk menentukan keputusan pembelian. Di sisi lain, penggunaan digital marketing di kalangan UMKM, antara lain di Kabupaten Ciamis, belum terlalu banyak. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan digital marketing untuk menunjang aktivitas bisnisnya. Pelatihan yang diselenggarakan ini terdiri dari pengenalan mengenai digital marketing dan pembuatan konten. Pada sesi pertama, peserta mendapat wawasan mengenai manfaat digital marketing, jenis-jenis saluran digital marketing, serta tips-tips praktis untuk menjalankan digital marketing. Salah satu media yang diperkenalkan kepada peserta adalah situs web Senaraigaluh.com. Peserta juga diajarkan cara membuat konten untuk diunggah di media sosial menggunakan Canva dan Imooji. Berdasarkan masukan dari peserta, mayoritas peserta berminat untuk menggunakan digital marketing, namun terkendala waktu untuk mempelajari dan menggunakan digital marketing dalam aktivitas bisnis.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, & Syahwani, A. K. I. (2020). Pelatihan Online Membuat Brosur Melalui Imooji untuk Mendukung Promosi UMKM Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(6), 957–965.
Budianto, A., & Kusniawati, A. (2016). Marketing Strategies Model with E-Commerce in Improving Market Area of SMEs in Rural District Ciamis, West Java Province, Indonesia. European Journal of Business and Management, 8(35), 92–96. www.iiste.org
Elida, T., & Raharjo, A. (2019). Pemasaran Digital. Penerbit IPB Press.
Kala’lembang, A., Widayanti, L., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang, 2(2), 91–102. https://doi.org/https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons, Inc.
Pinariya, J. M., Forceila, D., Ivana, L., & Yunia, A. (2021). Sosialisasi dan Edukasi Digital marketing pada Komunitas BGBJ di Bantar Gebang Menghadapi Era 4.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 191–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v5i2
Rusmanah, E., Wibowo Irawan, A., & Andria, F. (2019). Implementasi Digital marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM-Mengabdi, 6(1), 14–25. http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jam/article/view/422
SKDI Kabupaten Ciamis. (2022). Pameran UMKM Kabupaten Ciamis. https://ciamiskab.go.id/portal/2022/06/10/pameran-umkm-kabupaten-ciamis/
Sukarsih, I., Kurniati, E., Gunawan, G., & Wulan, R. (2019). Perluasan Jangkauan Pasar Pelaku UMKM Di Kota Bandung melalui Implementasi E-Commerce. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 170–177. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4412
We Are Social, & Kepios. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Wibawa, K. A., & Mayanti, N. M. D. (2021). Pengedukasian Umkm Jegeg Bali Tailor melalui Transformasi Digital Selama Pandemi Covid-19 di Tabanan-Bali. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Sains & Teknologi), 9(1), 129–135.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Edy Suroso, Allicia Deana Santosa, Aquinaldo Sistanto Putra, Epi Dani Harison
DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Ruang Jurnal Lantai 1
Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi
Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115
Â
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.