Penerapan Teknologi Food Vacum Sealer untuk Memperpanjang Daya Simpan Produk Dodol Singkong

Apip Supriadi, Dwi Hastuti Lestari Komarlina, Gusti Tia Ardiani, Rifky Wahyu Ramadhan

Abstract


Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan kepada pengelola Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran merupakan bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen, dalam upaya memberikan sumbangan ilmu kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pengolahan dan Pengemasan Dodol Singkong di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, sehingga diharapkan ke depan PKK yang terdapat di Desa Margacinta menjadi pelopor dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Pangandaran. Metode pendekatan yang dilaksanakan adalah melakukan identifikasi permasalahan, analisis kebutuhan, melakukan penyuluhan dan membuat laporan. Luaran yang ditargetkan adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pengolahan dan Pengemasan Dodol Singkong di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.

Keywords


dodol singkong; pengemasan; vakum makanan

Full Text:

PDF

References


Desa Margacinta. 2022. Profil Desa Margacinta.

Dewi Sartika, N. Y. 2020. Pendampingan Diversifikasi Kemasan, Rasa, Dan Bentuk Keripik Kelompok Usaha Bersama Telo Rezeki di Jalan Pagar Alam. Jpkmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 161-168.

Heriansyah. dkk. 2019. PKM Inovasi Teknologi Pengolahan Taro Tela dan Rengginang pada Kelompok Transmigran. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Indriasari, R. 2021. Penyuluhan Tentang Pengolahan Dan Pengemasan Varian Rasa Produk Keripik Pisang Industri Rumah Tangga Desa Padang Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-5.

Itona, Rini. 2022. Cara Pembuatan Dodol Singkong Inspirasi Untuk Buka Usaha. diakses 25 September 2023, dari https://paktanidigital.com/artikel/dodol-singkong-inspirasi-untuk-buka-usaha/

Kusnandar, Deasy Lestar. Mulyana, Deden. Sari, Dewi Permata. Sahroni, Nana. 2023. Pengembangan Usaha Keripik Pisang melalui Inovasi Kemasan, Labelling dan Penggunaan Digital Marketing. Dhigana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Primandari, P. N. 2021. Pelatihan Desain Label Packaging Pada Produk Olahan Pisang Di Desa Kebondalem, Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian Lppm Untag Surabaya, 1-4.

Ridwansyah, M., Edi, J. K., & Widiastuti, F. 2021. Pengolahan Pisang Aneka Rasa Dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Maro Sebo Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. E-Jurnal Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, 151-156.

Sholihah, Nurul Hidayatus. Ahmad, Muh. Jufri. 2022. Pendampingan UMKM dalam Pengembangan dan Pemasaran Produk “Tahu Tek†di Era Teknologi Modern. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Siwi Indarti, R. Edwin Indarto, Rika Fatimah PL, Miftahul Ajri. 2019. Pengembangan Desa Jomboran sebagai Desa Agrowisata Mandiri Melalui Model Pembanguna Karakter, Model Tetrapreneur, dan Pemetaan Potensi Desa Berbasis Pertanian. UGM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Apip Supriadi, Dwi Hastuti Lestari Komarlina, Gusti Tia Ardiani, Rifky Wahyu Ramadhan

DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Ruang Jurnal Lantai 1

Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115

 

Creative Commons License
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.