Peningkatan Literasi Keuangan: Langkah Menuju Masyarakat Mandiri Finansial di Karang Taruna

Nita Andriyani Budiman, Retno Tri Handayani, Ponny Harsanti, Dian Wismar’ein

Abstract


Dalam era dinamika ekonomi yang terus berubah, literasi keuangan memegang peranan krusial dalam membangun fondasi finansial yang kuat bagi individu dan masyarakat.Pengabdian kepada masyarakatini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di antara anggota Karang Taruna Tunas Mekar Desa Demaan, Kabupaten Kudus. Tujuan utamanya adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam mengelola keuangan, sehingga mitra dapat membangun fondasi finansial yang kuat dan mandiri. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat sejumlah kendala seperti tingkat pemahaman yang bervariasi dan kompleksitas topik keuangan.Untuk mengatasi hal ini, tim pengabdian menyusun kurikulum dan materi literasi keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman mitra. Metode yang diterapkan mencakup serangkaian workshop interaktif, diskusi, dan sesi pendampingan pribadi. Evaluasi berkala dilakukan untuk memantau kemajuan peserta dalam memahami dan mengaplikasikan literasi keuangan.Hasil dari PKM ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan finansial anggota karang taruna dan menginspirasi organisasi dan masyarakat sekitar untuk mengambil langkah serupa. Solusi yang diberikan melalui program ini diharapkan dapat menjadi model pendekatan yang efektif dalam meningkatkan literasi keuangan di masyarakat lokal.

Keywords


karang taruna; literasi keuangan; mandiri finansial

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/31/literasi-dan-inklusi-keuangan-warga-indonesia-meningkat-pada-2022.

Hung, A., Parker, A. M., & Yoong, J. (2009). Defining and Measuring Financial Literacy. RAND-Working Paper Series WR-708. https://doi.org/10.2139/ssrn.1498674

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

OJK. (2020). https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx.

Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Teman Sebaya, dan Kontrol Diri terhadap Manajemen Keuangan Pribadi. Jurnal Manajemen, 12(2), 244–252. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Serin, H., Șahİn, Y., & Durgun, M. (2016). The Determination of Economic Literacy Level of Forest Products Industry Managers: A Sample of Kahramanmaras province, Turkey. Düzce Üniversitesi Orman Fakültesi Ormancılık Dergisi, 12(2), 215–221. https://web.archive.org/web/20180421040100id_/http://ordergi.duzce.edu.tr/Dokumanlar/arsiv/2016_2_Tam.pdf#page=219

Shvandar, D. (2020). Timely Financial and Economic Literacy for School Children as Basis for Economic Growth in Future BT. Proceedings of the International Scientific Conference (ISCFEC 2020), 2661–2668. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200312.375

Stolper, O. A., & Walter, A. (2017). Financial Literacy, Financial Advice, and Financial Behavior. Journal of Business Economics, 87(5), 581–643. https://doi.org/10.1007/s11573-017-0853-9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nita Andriyani Budiman, Retno Tri Handayani, Ponny Harsanti, Dian Wismar’ein

DHIGANA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Ruang Jurnal Lantai 1

Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Jalan Siliwangi No. 24 Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, West Java 46115

 

Creative Commons License
Jurnal Dhigana by Jurusan Manajemen Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana.